Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Gangguan Pendengaran Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi PT. Milano Kab. Labuhan Batu Selatan

Tanjung, Siti Rahma (2022) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keluhan Gangguan Pendengaran Pada Tenaga Kerja Bagian Produksi PT. Milano Kab. Labuhan Batu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover (1).pdf

Download (678kB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img] Text
bab 5.pdf

Download (190kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemajuan teknologi di sector industry, telah berhasil menciptakan berbagai macam produk mesin yang dalam pengoperasinnya seringkali menghasilkan polusi suara atau timbulnya bising ditempat kerja. Suara bising, salah satu efek dari sector industry dapat menimbulkann gangguan pendengaran atau ketulian pada seseorang pekerja yang terpajan kebisingan mempunyai risiko untuk mengalami gangguan pendengaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh antara faktor risiko dengan keluhan gangguan pendengaran pada tenaga kerja bagian produksi PT. Milano Kab. Labuhan Batu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional yaitu suatu penelitian dimana faktor independen dan dependennya diteliti secara bersamaan, dalam periode waktu yang sama. Untuk memperoleh data di lapangan dilakukan dengan cara pengukuran intensitas kebisingan pada area kerja produksi dan penyebaran kuesioner kepada 92 responden yang sedang bekerja pada bagian produksi PT. Milano Kab. Labuhan Batu Selatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh anatar intesnsitas kebisingan (P=0,000), masa kerja (P=0,002), umur pekerja (P=0,029) dan pemakaian alat pelindung telinga (P=0,000) dengan keluhan gangguan pendengaran pada tenaga kerja bagia produksi PT.Milano Kab. Labuhan Batu Selatan. Untuk mengurangi risiko keluhan ganggua pendengaran pada pekerja bagia produksi, mamka direkomendasikan untuk menggunakan alat pelindung telinga (APT) yang sesuai standar (safety ear plug dan ear muff).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keluhan gangguan pendengaran, tenaga kerja bagian produksi.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Mar 2023 08:02
Last Modified: 29 Mar 2023 08:02
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18326

Actions (login required)

View Item View Item