Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan

Hani, Ummu (2023) Implementasi Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan. Jurnal Islami: Manajemen Pendidikan Islam & Humaniora, 3 (1). ISSN 2775-2364

[img] Text
UMMU HANI.pdf

Download (194kB)

Abstract

Penelitian disini bertujuan guna mengetahui pelaksanaan supervisi internal kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru, pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru, dan strategi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilangsungkan melewati observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Subjek riset ini ialah kepala sekolah serta guru di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan. Hasil riset ini ialah: (1) pelaksanaan supervisi internal kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan dilakukan melalui kunjungan kelas pada saat guru mengajar. Kepala sekolah masuk ke kelas melihat dan mengamati untuk menilai kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran,(2) pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan berfokus pada peningkatan pembelajaran melalui tahapan awal yang sifatnya akrab, terbuka dan tidak ada tekanan satu sama lain. Kepala sekolah melakukan tahapan awal guna membuat kerangka kerja berupa jadwal guru yang akan disupervisi, kemudian kepala sekolah melangsungkan observasi serta pertemuan akhir, (3) strategi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi untuk meningkatkan profesionalitas guru di SMP Al Hidayah Bandar Selamat Medan dilakukan dengan 3 cara yaitu pertama, mengadakan rapat bagi guru. Kedua, mengadakan diklat atau pelatihan terhadap guru serta mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP. Ketiga, memberikan reward terhadap guru yang berprestasi.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Mar 2023 04:21
Last Modified: 21 Mar 2023 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18247

Actions (login required)

View Item View Item