Analisis Semiotika Makna Budaya Lokal Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi “Indonesia Adalah Kita"

Zamzanaria, Annisa (2021) Analisis Semiotika Makna Budaya Lokal Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi “Indonesia Adalah Kita". Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ZAMZAM.pdf

Download (560kB)
[img] Text
BAB I ZAMZAM.pdf

Download (724kB)
[img] Text
BAB II ZAMZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB III ZAMZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV ZAMZAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] Text
BAB V ZAMZAM.pdf

Download (369kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ZAMZAM.pdf

Download (475kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Semiotika Makna Budaya Lokal Dalam Iklan Rokok Djarum 76 Versi “Indonesia Adalah Kita”. Dalam penelitian ini membahas bagaimana pemaknaan tanda budaya lokal dalam iklan rokok djarum 76 versi Indonesia adalah kita yang dianalisis dalam kajian analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui secara mendalam terkait pemaknaan tanda budaya lokal dalam iklan djarum 76 versi Indonesia adalah kita yang ditayangkan di televisi dengan mengangkat unsur kebudayaan lokal. Untuk mengungkapkan masalah dalam penelitian tersebut secara menyeluruh dan mendalam, penelitian ini menggunakan studi analisis semiotika model Charles Sanders Peirce dengan menganalisis tanda-tanda yang terdapat dalam tayangan iklan tersebut yang dianalisis dengan tiga tahap yaitu tanda (sign), acuan tanda (object), dan penggunaan tanda (interpretant). Pendekatan kualitatif merupakan pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode dokumentasi dan observasi non partisipan. Dari hasil penelitian ini ditemukan dalam iklan ini terdapat keragaman budaya Indonesia yang ditampilkan pada iklan. Iklan rokok Djarum 76 termasuk iklan rokok tematis yang disesuaikan dengan fenomena sosial, politik dan budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan sudah menjadi rahasia umum bahwa tema seperti ini banyak dijadikan ide dalam pembuatan iklan rokok sekarang ini yang meskipun isinya jauh berbeda dan tidak ada hubungannya dengan “mengiklankan” produk rokok itu sendiri karena ketatnya regulasi penayangan iklan rokok yang menyebabkan kreator iklan rokok harus lebih kreatif. Dengan mengangkat unsur budaya akan lebih menarik perhatian masyarakat sekaligus mengenalkan keragaman budaya lokal itu sendiri. Keanekaragaman budaya di Indonesia memiliki nilai budaya atau makna yang tersirat di dalam budaya tersebut. Adapun makna budaya lokal yang terdapat dalam iklan Djarum 76 versi “Indonesia adalah kita” yaitu yang berartikan kedamaian, kerja keras, sportivitas dan pendidikan karakter serta yang menjadi tradisi turun-temurun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Mar 2023 08:23
Last Modified: 20 Mar 2023 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18231

Actions (login required)

View Item View Item