Analisis Mekanisme Jual Beli Mata Uang dalam Game (In Game Currency) Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Forum Jual Beli Game Arcane Legend)

Raihan, Muhammad (2021) Analisis Mekanisme Jual Beli Mata Uang dalam Game (In Game Currency) Ditinjau dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Forum Jual Beli Game Arcane Legend). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (COVER).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (BAB I).pdf

Download (549kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (BAB II).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (893kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (BAB V).pdf

Download (386kB)
[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD RAIHAN (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (905kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana perspektif ekonomi Islam terhadap praktik jual beli mata uang dalam game (in game currency) yang terjadi pada Forum Jual Beli Game Arcane Legend. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana game Arcane Legends itu sendiri dalam pandangan Islam serta bagaimana mekanisme jual beli mata uang dalam game Arcane Legends itu dilihat dalam sudut pandang ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Game Arcane Legends merupakan permainan atau hiburan yang diperbolehkan dalam Islam karena tidak masuk dalam jenis hiburan yang dilarang dalam Islam, yakni permainan yang mengandung bahaya, mengumbar aurat, mengandung unsur sihir, menyakiti binatang, mengandung unsur judi, dan permainan yang melecehkan atau menghina orang atau kelompok lain. Kemudian Mekanisme jual beli mata uang dalam game (in game currency) Arcane Legends berupa gold terdiri dari 2 tahap mulai dari tahap penjual memperoleh dan mengumpulkan mata uang tersebut di dalam game hingga proses jual beli antara mata uang dalam game Arcane Legends berupa gold dengan rupiah. Dalam perspektif ekonomi Islam praktik jual beli mata uang dalam game (in game currency) Arcane Legends tidak memenuhi salah satu dari tiga prinsip dasar ekonomi Islam itu sendiri, yakni prinsip hukum. Salah satu syarat objek yang diperjual belikan tidak terpenuhi berupa kepemilikan mata uang dalam game Arcane legends. Karena dalam game online sendiri pemilik atas segala sesuatu yang berkaitan dengan game tersebut adalah sang pembuat game itu sendiri atau game developer. Sehingga praktik jual beli seperti ini berpeluang besar merugikan salah satu pihak, yang tentu saja tidak sejalan dengan tujuan dari ekonomi Islam itu sendiri agar tercapainya maqashid syari’ah, diantaranya terpeliharanya agama (hifz ad-din), jiwa (nafs), akal (aql), keturunan (nasl), dan harta (mal). Karena dalam Islam yang terpenting dalam berbisnis itu adalah transparansi dan kejujuran antara pembeli dan penjual. Harus ada kesetaraan antara kedua belah pihak yang bertransaksi untuk mencegah peluang kezaliman. Bukan hanya soal kerelaan, namun harus terpenuhi syarat dan rukunnya agar terhindar dari segala bentuk kegiatan muamalah yang mengandung penipuan, riba, gharar, ikhtikar dan lain sebagainya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:29
Last Modified: 20 Mar 2023 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item View Item