Penerbitan akta kelahiran anak luar kawin berdasarkan Undang-Undang No.24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan Perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang)

Harahap, Rafida Sari (2022) Penerbitan akta kelahiran anak luar kawin berdasarkan Undang-Undang No.24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan Perspektif Fiqih Siyasah (Studi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER RAFIDA.pdf

Download (732kB)
[img] Text
BAB 1 RAFIDA.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 2 RAFIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (716kB)
[img] Text
BAB 3 RAFIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
BAB 4 RAFIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
BAB 5 RAFIDA.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FIDA-1.pdf

Download (844kB)

Abstract

Anak merupakan generasi penerus dari suatu bangsa dan negara. Oleh karena itu Negara memberikan perlindungan bagi pemenuhan hak identitas diri anak, baik anak yang sah maupun anak luar kawin. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang membagi dua jenis anak yaitu anak sah dan anak ibu (anak luar kawin), maksud dari anak luar kawin yaitu anak yang terjadi akibat adanya hubungan suami istri yang tidak sah terikat tali pernikahan yang memenuhi unsur dan syarat nikah yang telah ditentukan oleh Agama maupun Negara. Pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang dalam proses pengurusan akta kelahiran, ada sedikit perbedaan mengenai syarat yang diperlukan untuk memperoleh akta kelahiran untuk anak luar kawin. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis ketentuan penerbitan akta kelahiran berdasarkan Undang-undang No. 24 tahun 2013, untuk mengetahui prosedur penerbitan akta kelahiran anak luar kawin di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang dan untuk mengetahui penerbitan akta kelahiran anak luar kawin menurut Perspekif Fiqih Siyasah. Untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka Penulis memakai metode penelitian Yuridis empiris, yaitu pendekatan dari sudut pandang ketentuan hukum atau Peraturan perundang- undangan yang berlaku dan melihat kenyataan (fakta yang ada) dalam praktek, sejauh mana Peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan masalah tersebut diterapkan. Kesimpulan dari penelitian ini ialah dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang masih ada perbedaan dalam proses penerbitan akta kelahiran anak Luar Kawin pada Masyarakat Muslim dan Non Muslim. Untuk mendapatkan Akta kelahiran anak luar kawin bagi yang beragama Islam harus melakukakan pengakuan atau pengesaha anak terlebih dahulu ke Pengadilan Agama, agar mendapat akta kelahiran dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Deli Serdang. Untuk mengurus ke pengadilan inilah yang menyebabkan masyarakat enggan dalam pengurusan akta kelahiran anak luar kawin karena proses yang rumit, biaya yang cukup mahal, tingkat prekonomian dan pendidikan masyarakat yang masih sangat rendah. Sedangkan untuk yang beragama Non Muslim dapat menerbitkan akta Pengakuan atau Pengesahan Anak di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil secara langsung tanpa melalui pengadilan Negeri. Dalam Perspektif Fiqih Siyasah Akta Kelahiran bukanlah sesuatu hal yang dilarang dan tidak ada larangan atasnya karena itu merupakan suatu pencatatan dengan maksud untuk memberikan pembuktian atas suatu peristiwa. Sejatinya tidak ada nash Al-Qur’an yang secara langsung mengatur pencatatan kelahiran seorang anak. Masalah ini termasuk Kedalam maslahah mursalah, suatu yang dianggap maslahat namun tidak ada ketegasan hukum untuk merealisasikannya dan tidak pula ada dalil tertentu baik yang mendukung maupun menolaknya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Akta Kelahiran, Anak Luar Kawin, Fiqih Siyasah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 347 Civil procedure and courts
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 17 Mar 2023 04:21
Last Modified: 17 Mar 2023 04:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18190

Actions (login required)

View Item View Item