Pratiwi, Silvia (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Think Talk Write Di Sma Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover Silvi.pdf Download (673kB) |
|
Text
BAB I Silvi.pdf Download (562kB) |
|
Text
BAB II Silvi.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
|
Text
BAB III Silvi.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
|
Text
BAB IV Silvi.pdf Download (939kB) |
|
Text
BAB V Silvi.pdf Download (410kB) |
|
Text
Daftar Pustaka Silvi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model Pembelajaran Think Talk Write. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas SMA Negeri 6 Medan Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 137 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah di kelas XI MIA-1 dan XI MIA-3 yang masing-masing berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi matematis. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning tidak lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Think Talk Write pada materi program linear dengan Fhitung = 1,833 < Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,986; 2) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Think Talk Write pada materi program linear dengan Fhitung = 4,638 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,986; 3) Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Think Talk Write pada materi program linear dengan Fhitung = 6,117 > Ftabel pada taraf (α = 0,05) = 3,986 Simpulan dalam penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Problem Based, Model Pembelajaran Think Talk Write |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 03:20 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 03:20 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18166 |
Actions (login required)
View Item |