Maulida, Maulida (2022) Pembinaan Akhlaqul Karimah santri di Dayah Modern Maqamah Mahmuda Takengon. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (381kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (668kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (220kB) |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (194kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisa konsep pembinaan akhlāqul karῑmah santri; 2) menganalisa secara holistik pelaksanaan pembinaan akhlāqul karῑmah santri; 3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembinaan akhlāqul karῑmah santri; dan 4) menjelaskan upaya solusi terhadap faktor penghambat pembinaan akhlāqul karῑmah santri di Dayah Modern Maqamam Maḥmuda Takengon. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pemilihan partisipan melalui purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisa dengan teknik analisis data versi Miles dan Huberman yakni reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Teknik penjaminan keabsahan data yang digunakan yakni kredibilitas. Hasil penelitian menunjukkan, 1) konsep pembinaan akhlāqul karῑmah santri di Dayah Modern Maqamam Maḥmuda Takengon bersumber pada Alquran dan hadis, bertujuan untuk menjadikan santri berakhlāqul karῑmah dalam keseharian. Dayah ini mengusung nuansa dayah modern menggunakan konsep kurikulum mengacu pada kurikulum Pesantren Gontor, menggabungkan kurikulum dayah modern dengan kurikulum madrasah dalam satu jadwal pembelajaran. Kegiatan santri berlangsung selama 24 jam, pembelajaran di kelas dimulai dari pagi hari pukul 08.00 WIB s.d 15.20 WIB. Proses pembelajaran selama enam hari dan libur pada hari Jum’at. 2) Pelaksanaan pembinaan akhlāqul karῑmah santri di Dayah Modern Maqamam Maḥmuda Takengon berjalan dengan baik dan lancar melalui pembiasaan dan keteladanan. Pembiasaan seperi mengucapkan salam saat bertemu orang lain; membaca do’a setiap memulai kegiatan; melaksanakan shalat wajib berjamaah di masjid; melaksanakan shalat sunnah; berzikir setiap selesai shalat; pembacaan hadis-hadis setiap selesai shalat Ashar; tadarrus Alquran; menghafal surah-surah dan ayat-ayat pilihan; belajar malam terbimbing; dan gotong royong. 3) Faktor pendukung pembinaan akhlāqul karῑmah santri, faktor internal: lingkungan dayah bernuansa Islami; santri tinggal di asrama; materi pembelajaran terkait akhlak mulia dan ajaran Islam; perpaduan jadwal pembelajaran dayah dan madrasah; penerapan pembiasaan kedisiplinan; keteladanan guru/teungku dayah. Faktor eskternal: dukungan orang tua terhadap aktivitas santri; lingkungan keluarga berbasis Islami. Faktor penghambat pembinaan akhlāqul karῑmah santri, faktor internal: kualitas guru yang belum ii semua memadai, kurangnya kesadaran santri berbuat baik, dan sarana prasarana belum memadai. Faktor eksternal: beberapa orang tua tidak mendukung program dayah. 4) Upaya solusi terhadap faktor penghambat pembinaan akhlāqul karῑmah santri, faktor internal: mengadakan pertemuan guru dan pimpinan setiap hari Sabtu; menyediakan buku panduan tata tertib santri dan buku catatan pelanggaran; bimbingan konseling bagi santri, menambah sarana prasarana. Faktor eksternal: memanggil orang tua santri jika anaknya berbuat salah, dan kerjasama dengan orang tua santri dalam acara adat i serahen ku teungku guru (diserahkan ke teungku guru); dan acara tingok sino (menjenguk santri di dayah).
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 07:39 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 07:41 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18153 |
Actions (login required)
View Item |