Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah di Kota Tebing Tinggi

Harahap, Sherly Rezeki (2022) Peran Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah di Kota Tebing Tinggi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan Lembaga Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah di Kota Tebing Tinggi, untuk mengetahui program – program yang dilakukan Lembaga BAZNAS dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi BAZNAS dalam Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat, Infak dan Sedekah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif, dengan melakukan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Ketua BAZNAS, Divisi ADM, SDM dan Umum, Divisi Pendistribusian dan Divisi Pengumpulan. Hasil yang dapat diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa BAZNAS cukup berperan dalam pengumpulan dan pendistribusian zakat, infak dan sedekah yakni dengan melakukan kerjasama dengan Pemerintah Kota (pemko), Bank Syariah Indonesia (BSI), Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) masjid di KotaTebing Tinggi dengan sikap terbuka, tegas, berhati-hati dan teliti. Setelah melakukan program pengumpulan ZIS lalu BAZNAS Tebing Tinggi melakukan pendistribusiannya sesuai dengan program yang telah ditentukan. Pada tahap pendistribusian ZIS, BAZNAS Tebing Tinggi sudah cukup baik dalam melaksanakan program – programnya seperti melaksanakan program Tebing Tinggi Sehat, Tebing Tinggi Sejahtera, Tebing Tinggi Peduli, Tebing Tinggi Taqwa dan Tebing Tinggi Cerdas. Dalam menjalankan perannya, terdapat faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi BAZNAS, faktor pendukungnya yakni para amil zakat yang profesional, program – programnya memiliki daya tarik tersendiri. Sedangkan faktor penghambatnya yakni keterbatasan tenaga atau SDM, minimnya kesadaran masyarakat yang mempunyai harta lebih untuk menunaikan zakatnya di BAZNAS Kota Tebing Tinggi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.22 Masyarakat Da’wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Mar 2023 08:14
Last Modified: 13 Mar 2023 08:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18114

Actions (login required)

View Item View Item