Strategi Komunikasi Dakwah Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam Membina Remaja Islam di Kabupaten Labuhanbatu

Indriani, Juni (2021) Strategi Komunikasi Dakwah Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam Membina Remaja Islam di Kabupaten Labuhanbatu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER JUNI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama untuk mengetahui strategi komunikasi dakwah Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam membina remaja Islam di Kabupaten Labuhanbatu, kemudian untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung yang dihadapi Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) dalam membina remaja Islam di Kabupaten Labuhanbatu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian Kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang strategi komunikasi dakwah dalam membina remaja Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang digunakan JPRMI Kabupaten Labuhanbatu dalam membina remaja Islam adalah menentukan sasaran dan tujuan program. Yang menjadi sasaran adalah seluruh masyarakat Kabupaten Labuhanbatu, dan tujuan programnya adalah untuk melahirkan generasi Islam yang dapat memajukan peradaban Islam menentukan khalayak penentu yaitu remaja Islam di Kabupaten Labuhanbatu, melaksanakan proses pembekalan dan menjalankan program dakwah yang telah ditentukan. (2) faktor penghambat strategi komunikasi dakwah JPRMI Kabupaten Labuhanbatu yaitu, kurangnya antusias remaja yang sudah terpengaruh dengan pergaulan bebas dan kurangnya perhatian dari orang tua yang lebih mementingkan pekerjaan sehingga kurang mendukung kegiatan yang dilakukan oleh remaja tersebut. Faktor pendukung JPRMI Labuhanbatu organisasi cukup familiar di Labuhanbatu sehingga memperoleh nilai positif di masyarakat dan wadah utama pembinaan remaja. JPRMI merupakan organisasi kepemudaan berbasis Islam yang sudah lebih 6 tahun berdakwah di Kabupaten Labuhanbatu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Mar 2023 05:41
Last Modified: 13 Mar 2023 05:41
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18107

Actions (login required)

View Item View Item