Analisis Potensi Bahaya Keselamatan Kerja pada Pekerja Bagian Produksi Pabrik Kelapa Sawit di PT. Naga Mas Agro Mulia PMKS Talikumain

Purba, Bella Hasanah (2022) Analisis Potensi Bahaya Keselamatan Kerja pada Pekerja Bagian Produksi Pabrik Kelapa Sawit di PT. Naga Mas Agro Mulia PMKS Talikumain. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER (13).pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB I (14).pdf

Download (148kB)
[img] Text
BAB II (14).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (14).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1) (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (16).pdf

Download (18kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (922kB)

Abstract

PT. Naga Mas Agro Mulia PMKS Talikumain merupakan perusahaan yang bergerak dalam pengolahan kelapa sawit yang tidak terlepas dari masalah keselamatan dan kesehatan kerja yang diakibatkan oleh bahaya teknik, manusia, dan lingkungan. Maka dari itu perlu dilakukannya identifikasi risiko, penilaian risiko, dan rekomendasi risiko dengan menggunakan Job Safety Analysis (JSA) untuk mencegah kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi pabrik kelapa sawit. Dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) dilakukan seperti identifikasi bahaya pada setiap jenis pekerjaan dapat dilakukan langkah pencegahan yang tepat dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan secara manual dengan berdasarkan hasil Job Safety Analysis Worksheet. Penelitian ini dilakukan di stasiun perebusan (sterilizer station), stasiun klarifikasi (clarification station), stasiun kernel (carnel station), stasiun pengempaan (press station), stasiun pembakaran (boiler station), stasiun pemeliharaan (maintenance station). Rekomendasi pengendalian dilakukan berdasarkan hirarki pengendalian yaitu eliminasi, administrative control, dan alat pelindung diri. Peneliti menyarankan terhadap pihak manajemen PT. Naga Mas Agro Mulia PMKS Talikumain untuk memberikan edukasi bahaya dan risiko mengenai kecelakaan kerja dan dilakukan safety brefing setiap pagi untuk mengingat kembali kepada bekerja mengenai cara bekerja yang aman.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Potensi Bahaya, Job Safety Analysis (JSA)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 619 Experimental medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 13 Mar 2023 01:54
Last Modified: 13 Mar 2023 01:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item