Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran dengan Menggunakan Model Open-Ended dan Mind Mapping pada Materi Eksponen Kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Elfatira, Rahmadina (2021) Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran dengan Menggunakan Model Open-Ended dan Mind Mapping pada Materi Eksponen Kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
4. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. SKRIPSI RAHMADINA ELFATIRA DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran dengan menggunakan model Open-Ended dan Mind Mapping di kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan, tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas X MIPA 1 dan X MIPA 4 yang masing-masing berjumlah 20 orang siswa untuk dijadikan kelas eksperimen I dan II yang diperoleh dengan cara cluster random sampling. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah dan penalaran siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA). Hasil temuan ini menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Open-Ended dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model Mind Mapping; (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model Open-Ended dengan siswa yang diajar dengan meggunakan model Mind Mapping; (3) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penalaran matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model Open-Ended dengan siswa yang diajar dengan menggunakan model Mind Mapping.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Penalaran, Model Open Ended, dan Model Mind Mapping.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 10 Mar 2023 07:39
Last Modified: 10 Mar 2023 07:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18084

Actions (login required)

View Item View Item