Perlindungan Hukum Terhadap Muallaf Perspektif Undang Undang No.39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia(Studi Kasus Kekerasan Terhadap Muallaf Di Pematangsiantar)

Al Faruq, Abdul Majid (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Muallaf Perspektif Undang Undang No.39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia(Studi Kasus Kekerasan Terhadap Muallaf Di Pematangsiantar). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER TESIS DAN LAIN.pdf

Download (936kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (534kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAIN.pdf

Download (908kB)

Abstract

Muallaf saat melewati masa krisis cenderung memusatkan kesadaran diri mereka kepada pengalaman beragama sebelumnya yang dibenturkan dengan pengalaman agama yang baru. Negera sudah mengatur tentang hak kebebasan beragama diindonesia tercatut dalam undang undang 1945 pasal 28 tentang kebebasan beragama dan diteruskan di undang undang No. 39 Tahun 1999 pasal 22 tentang kebebasan. Tetapi ditemukan adanya kekerasan terhadap muallaf disalah satu tempat di pematangisantar, bahwa ada muallaf yang tidak mendapati kebebasan beragamanya. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengumpulkan data menggunakan teknik wawancara terstruktur. Rumusan masalah didalam tesis ini yaitu pertama, bagaimana perlindungan hukum terhadap muallaf menurut undang undang no. 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, kedua, bagaimana implementasi undang undang no. 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia terhadap muallaf di kota pematangsiantar, ketiga, bagaimana upaya kementerian hukum dan hak asasi manusia sumatera utara dalam perlindungan hukum terhadap muallaf di kota pematangsiantar. Adapun kesimpulan hasil penelitian Tesis ini yaitu harusnya setiap orang berkewajiban untuk menghormati hak asasi manusia lainnya. Hak asasi manusia harus benar benar dihormati, dilindungi, dan di tegakkan. Saat ini peran pemerintah masih belum maksimal dalam penerapan undang undang no. 39 tahun 1999 ini, karena di undang undang tidak tertera siapa yang wajib melindungi, memproteksi, dan sampai saat ini masih jadi permasalahan, tidak ada lembaga sosial yang sudah dibuat oleh pemerintah khususnya di pematangsiantar dalam perlindungan hukum terhadap muallaf, karena juga pemerintah wajib memberikan kebutuhan primernya sesuai undang undang seperti pendidikan dan lainnya. Dan yang terakhir tentang upaya kementerian hukum dan hak asasi manusia terhadap perlindungan untuk para muallaf harus sesuai dan harus diterapkan karena undang undang sudah memberikan perlindungan di pasal 22 no. 39 Tahun 1999 tentang kebebasan beragama bagi setiap warga negara Indonesia.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Hukum Islam
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 10:24
Last Modified: 08 Mar 2023 10:24
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18061

Actions (login required)

View Item View Item