Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional EFAS (Engklek Fun and Smart) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik

Lusiana, Lusiana (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional EFAS (Engklek Fun and Smart) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
caver -Lampiran Skripsi Lusiana.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1 Lusiana.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB 2 Lusiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 Lusiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 Lusiana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (770kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 Lusiana.pdf

Download (318kB)
[img] Text
Daftar Isi Dan Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran merupakan sarana penting yang berperan sebagai komunikasi untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Belajar sambil bermain adalah salah satu cara agar peserta didik lebih mudah memperoleh bahasa dan mengkomunikasikan secara efektif. Pengembangan media pembelajaran EFAS (Engklek Fun and Smart) terdapat aktivitas bermain sambil belajar. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media EFAS (Engklek Fun and Smart) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi yang valid,praktis dan efektif. Jenis penelitian ini R&D dengan desain Borg and Gall. Hasil penelitian media EFAS (Engklek Fun and Smart) dinyatakan valid memperoleh nilai 89,63% dengan kategori “Sangat Valid”. Media EFAS (Engklek Fun and Smart) memperoleh nilai dari angket respon siswa 96% dan angket respon guru memperoleh nilai 97,5% sehingga media EFAS (Engklek Fun and Smart) dari kedua responden dinyatakan praktis dengan kategori “Sangat Praktis”. Media EFAS (Engklek Fun and Smart) dinyatakan efektif memperoleh nilai 92% dengan kategori “Efektif”. Berdasarkan hasil uji yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengembangan media EFAS (Engklek Fun and Smart) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dengan media yang dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan Tradisional EFAS, Valid, Praktis, Efektif, Komunikasi.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Mar 2023 08:04
Last Modified: 08 Mar 2023 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18037

Actions (login required)

View Item View Item