Kontribusi Retribusi Parkir Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi: Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Tinjauan Siyasah Maliyah)

Saragi, Revindo (2022) Kontribusi Retribusi Parkir Sebagai Pendapatan Asli Daerah (Studi: Desa Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Tinjauan Siyasah Maliyah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (890kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu; pertama, bagaimana pengaturan retribusi parkir di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Yang kedua, bagaimana kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Dan yang ketiga, bagaimana tinjauan siya>sah ma>liyah terhadap kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah Kabupaten Deli Serdang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaturan retribusi tempat parkir di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, untuk mengetahui kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, serta untuk mengetahui tinjauan siya>sah ma>liyah terhadap kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) atau empiris. Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaturan retribusi parkir di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang belumlah berjalan dengan optimal. Aturan yang berlaku terkait pengaturan retribusi parkir belum berjalan secara efektif dan efisien. Masih terdapat beberapa parkir liar yang mengutip biaya parkir pada masyarakat serta masyarakat di Desa Tembung belum seluruhnya mengetahui aturan yang berlaku terkait dengan retribusi pelayanan fasilitas parkir. Karena itu, pemerintah daerah perlu melakukan program edukasi khusus kepada masyarakat tentang perparkiran ini kepada masyarakat, agar mereka paham dan mengerti aturan yang berlaku serta perlu adanya langkah preventif untuk mencegah adanya parkir liar. Kemudian, kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, untuk yang parkir khusus sudah berjalan dengan baik. Terbukti dengan tercapainya target pendapatan pada setiap tahunnya. Sedangkan untuk parkir di tepi jalan umum, belum berjalan dengan optimal, dikarenakan parkir di tepi jalan umum ini jarang mencapai target pendapatan per tahun. Tinjauan siya>sah ma>liyah terhadap kontribusi retribusi parkir sebagai pendapatan asli daerah di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, secara umum kontribusi retribusi parkir ini sesuai dengan praktek ajaran Islam. Yang mana Islam mengajarkan bahwa pendapatan pemerintah dari penduduk itu dialokasikan kembali untuk kemaslahatan bersama. Pendapatan dari retribusi parkir seluruhnya akan masuk ke kas daerah dan akan dikelola kembali untuk pembangunan daerah Kabupaten Deli Serdang. Namun, pengelolaan retribusi parkir, baik parkir khusus maupun parkir di tepi jalan umum masih belum optimal sebagaimana aturan yang berlaku. Hal ini yang harus menjadi perhatian oleh pemerintah daerah Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 07:11
Last Modified: 08 Mar 2023 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18032

Actions (login required)

View Item View Item