Pengembangan Laboratorium Virtual pada Praktikum Uji Kandungan Urin untuk Siswa Kelas XI SMA/MA

Pane, Juliana (2021) Pengembangan Laboratorium Virtual pada Praktikum Uji Kandungan Urin untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (679kB)
[img] Text
BAB I (2).pdf

Download (661kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Laboratorium virtual pada praktikum uji kandungan urin dan untuk mengetahui bagaimana prosedur pengembangannya, kepraktisannya, dan keefektifannya. Penelitian ini adalah penelitian Research dan Development (R&D) dengan desain penelitian 4D yaitu: define, design, develop, and dissaminate, namun penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop karena keterbatasan peneliti. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI SMA Swasta Islam Azizi yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar validasi ahli media dan ahli materi untuk mengukur kevalidan Laboratorium virtual, lembar respon praktisi lapangan (Guru) dan siswa untukmengukur kepraktisan Laboratorium virtual, dan tes ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laboratorium virtual memiliki kategori sangat valid berdasarkan persentase kevalidan oleh validator ahli media sebesar 90%, validator ahli materi sebesar 87,50%. Laboratorium virtual dinyatakan sangat praktis berdasarkan persentase yang diperoleh dari respon siswa pada uji coba produk tahap I sebesar 93,60%, uji coba produk tahap II sebesar 91,78%, dan persentase berdasarkan respon guru sebesar 86,66%. Laboratorium virtual dinyatakan efektif berdasarkan Persentase ketuntasan belajar secara klasikal yang diperoleh sebesar 88% dengan kriteria ketentuan akademik sangat baik. Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya dan guru untuk mengembangkan laboratorium virtual tiga dimensi agar memberikan pengalaman yang lebih nyata bagi siswa saat mensimulasikan sebuah praktikum

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Laboratorium Virtual, Praktikum, 4D
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences
500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Mar 2023 05:18
Last Modified: 08 Mar 2023 05:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18029

Actions (login required)

View Item View Item