Efek Pemberian Ekstrak Daun Salam (Syzygium polyanthum) Terhadap Indeks Gonadosaomatik Dan Histologi Testis Tikus (Rattusnovergicus L.) Jantan Yang Dipapar Asap Rokok

Silalahi, Amir Dian Parulian (2023) Efek Pemberian Ekstrak Daun Salam (Syzygium polyanthum) Terhadap Indeks Gonadosaomatik Dan Histologi Testis Tikus (Rattusnovergicus L.) Jantan Yang Dipapar Asap Rokok. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover (Lembar pengesahan(i,ii,iii sd tabel).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 (AMIR DIAN PARULIAN).pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II (AMIR DIAN PARULIAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (391kB)
[img] Text
BAB III (AMIR DIAN PARULIAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV (AMIR DIAN PARULIAN).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] Text
BAB V (AMIR DIAN PARULIAN).pdf

Download (30kB)
[img] Text
Daftar pustaka skripsi (Amir dian parulian).pdf

Download (634kB)

Abstract

Komsumsi rokok dapat menyebabkan gangguan disfungsi paru-paru yang akan mengalami degredasi fungsi karena Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), gangguan fungsi jantung, bahkan dapat menurunkan kemampuan organ reproduksi berupa terjadinya impotensi. Masyarakat Indonesia telah lama menggunakan tanaman berkhasiat obat sebagai salah satu upaya dalam menanggulangi masalah kesehatan, salah satunya daun salam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun salam (Syzigium polyanthum) terhadap indeks gonadosamotik dan histologi testis setelah diberi paparan asap rokok. Penelitian ini dilakukan selama 30 hari menggunakan 25 ekor tikus yang dibagi menjadi 5 kelompok, terdiri atas kelompok kontrol negatif (tidak diberi perlakuan), kelompok kontrol positif (3 batang rokok/ekor/hari), perlakuan P1 (62,5 mg/kg BB), P2 (125 mg/kg BB), P3 (250 mg/kg BB). Pembedahan dilakukan pada hari ke-31 untuk mengambil testis dan timbang testis kanan dan kiri. Pembuatan preparat histologi testis menggunakan metode parafin dengan pewarnaan haematoxilyn-eosin (HE). Parameter yang diamati berupa indeks gonadosomatik, diameter tubulus seminiferus, jumlah rata-rata spermatogonium dan spermatosit primer. Data dianalisis menggunakan One Way Anova dengan uji lanjut Duncan. Berdasarkan hasil pengamatan indeks gonadosomatik tidak ada perbedaan nyata, sedangkan diameter tubulus seminiferus didapatkan perbedaan nyata. Pada pengamatan menunjukan jumlah rata-rata spermatogonium tidak berbeda nyata (p<0.05), namun pada rata-rata jumlah spermatosit primer didapat perbedaan nyata. Hasil yang optimum pada dosis (250 mg/kg BB) dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini ekstrak daun salam berpotensi meningkatkan diameter tubulus seminiferus dan jumlah rata-rata sel spermatosit primer dengan pemberian dosis optimum 250 mg/kg BB.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daun salam (Syzigium polyanthum), asap rokok, histologi testis. spermatogenik.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Life sciences > 574 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:07
Last Modified: 08 Mar 2023 04:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18025

Actions (login required)

View Item View Item