Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Berupa Optimisme dan Kesabaran dalam Menuntut Ilmu (Studi Naskah Buku Diary Sang Pemimpi Karya Zeni Rahmawati)

Maida, Nura (2021) Implementasi Nilai-Nilai Al-Qur’an Berupa Optimisme dan Kesabaran dalam Menuntut Ilmu (Studi Naskah Buku Diary Sang Pemimpi Karya Zeni Rahmawati). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver dan Lainnya.pdf

Download (776kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (167kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dal Lampiran.pdf

Download (339kB)

Abstract

Implementasi nilai-nilai Al-Qur’an berupa optimisme dan kesabaran dalam menuntut ilmu pada masa sekarang ini menjadi hal yang melatarbelakangi penulis untuk melaksanakan penelitian dan menjadikan nya dalam bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan nilai-nilai Al-Quran pada bentuk optimisme dan kesabaran dalam menuntut ilmu yang kemudian dilihat dari studi naskah buku diary sang pemimpi karya Zeni Rahmawati PhD. Serta mengetahui ada atau tidaknya pengaruh ayat-ayat Al- Quran berupa optimisme dan kesabaran dalam menuntut ilmu jika diimplementasikan pada masa sekarang ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian menggunakan metode tafsir maudhu’i. Dan pendekatan yang digunakan adalah kepustakaan (Library Research). Ditemukan bahwa implementasi nilai-nilai Al-Quran berupa optimisme dan kesabaran dalam menuntut ilmu memuat senantiasa teguh dalam berjuang, tidak boleh lemah dan bersedih hati, tekun dalam berdoa, memohon pertolongan Allah dan senantiasa bertaqwa agar seseorang beruntung dalam menuntut ilmu. Berdasarkan hasil analisa data deksriptif pada studi naskah buku diary sang pemimpi yang disertai wawancara dengan penulis nya secara langsung. Maka pengimplementasian nilai-nilai Al-Quran berupa optimisme dan kesabaran memiliki signifikan yang cukup baik bagi kesuksesan seseorang dalam menuntut ilmu. Buku diary sang pemimpi ini memiliki keistimewaan yang menjelaskan di dalam nya bagaimana tekad seorang muslimah yang teguh memegang prinsip tersebut walaupun harus bertarung sekuat tenaga untuk meraih mimpinya dan menjaga hafalan Al-Qur’an di antara gempuran ujian yang datang mendera. Di belahan bumi Eropa yang serba materialistis hingga berhasil menyandang gelar doctoral bidang kimia di University of Aberdeen. Disimpulkan bahwa terdapat pengimplementasian berupa nilai-nilai optimisme dan kesabaran yang benar lagi baik dalam menuntut ilmu bila bersandarkan dengan petunjuk Illahi, Al-Quran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Optimisme, Kesabaran menuntut ilmu dalam Al-Quran
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
2X0 ISLAM (UMUM) > 2X0.002 Islam dan Buku
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 08 Mar 2023 03:26
Last Modified: 08 Mar 2023 03:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/18014

Actions (login required)

View Item View Item