Metode Bimbingan Agama Islam Terhadap Pengamalan Agama Muallaf di Yayasan Pembinaan Muallaf Al-Muhajirin Bumi Asri Medan,

Rambe, Ayu Faujiah (2021) Metode Bimbingan Agama Islam Terhadap Pengamalan Agama Muallaf di Yayasan Pembinaan Muallaf Al-Muhajirin Bumi Asri Medan,. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER AYU FAUJIAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I AYU FAUJIAH.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB II AYU FAUJIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III AYU FAUJIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV AYU FAUJIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V AYU FAUJIAH.pdf

Download (130kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA AYU FAUJIAH.pdf

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode bimbingan agama islam terhadap pengamalan agama muallaf. Subyek dari penelitian ini yaitu : Pengurus Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan, Pengajar Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan. Obyek dari penelitian ini adalah Metode Bimbingan Agama Islam Terhadap Pengamalan Agama Muallaf di Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi : pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah metode bimbingan agama Islam terhadap pengamalan agama muallaf di Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan Pada dasarnya seseorang yang berpindah agama perlu adanya bimbingan agama Islam agar muallaf selalu mengingat Allah untuk ke jalan yang lurus demi menggapai hidup yang lebih tenang dan terarah. Metode bimbingan agama Islam yang dilakukan di Yayasan Pembinaan Muallaf Al Muhajirin Bumi Asri Medan dengan metode talaqi untuk menghafal. Selain itu ada beberapa materi yang diberikan pengajar untuk binaan muallaf diantaranya materi tauhid, fiqh, al Qur‟an dan motivasi. Dan untuk waktu pembelajaran selama muallaf dibina selama 2 minggu. Dan selama muallaf dibina semua fasilitas ditanggung oleh pihak Yayasan seperti tempat tinggal untuk menginap, ruangan untuk belajar, makanan sehari-hari dan para pengajar yang kompeten dalam bidangnya dan mendapatkan sertifikat sebagai bentuk legalitas karena sudah melakukan pembelajaran selama 2 minggu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode bimbingan, Agama Mualllaf
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Mar 2023 08:47
Last Modified: 03 Mar 2023 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17984

Actions (login required)

View Item View Item