Pendidikan anak usia dini perspektif psikologi pendidikan islam (Kajian Literatur Psikologi Pendidikan Umum dan Psikologi Pendidikan Islam Dalam Memelihara Minat Belajar Anak Usia Dini)

Sitorus, Mhd. Noor (2022) Pendidikan anak usia dini perspektif psikologi pendidikan islam (Kajian Literatur Psikologi Pendidikan Umum dan Psikologi Pendidikan Islam Dalam Memelihara Minat Belajar Anak Usia Dini). Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER DAN LAIN NYA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengemukakan perspektif psikologi pendidikan Islam terhadap pendidikan anak usia dini, khususnya terkait dengan pemeliharaan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif. Literatur yang dikaji dalam penelitian ini adalah literatur psikologi pendidikan Islam dan literatur psikologi pendidikan umum. Pengumpulan sumber data dikelompokkan ke dalam sumber yang diasumsikan sebagai literatur umum dan literatur Islam. Sumber-sumber yang dikumpulkan secara tematis, diurai dan dianalisis untuk dibandingkan dan ditarik kesimpulan dan disajikan secara kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa terdapat beberapa hambatan dalam melihara minat belajar anak usia dini, yaitu emosi anak usia dini, kendala belajar anak usia dini, dan bakat non-akademis anak usia dini. Melalui penelusuran dan analisis dalam penelitian ini juga ditemukan upaya pemeliharaan minat belajar anak usia dini tersebut, yakni klasifikasi kecerdasan majemuk, penanganan emosi, dan desain pembelajaran anak usia dini yang dapat memeliharan minat belajar anak usia dini.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Psikologi Pendidikan Islam, Anak Usia Dini, Minat Belajar
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 07:52
Last Modified: 03 Mar 2023 07:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17980

Actions (login required)

View Item View Item