Pengaruh Scientific Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa

Munthe, Indah and Tambunan, Efrida Pima Sari and Rambe, Riris Nurkholidah (2022) Pengaruh Scientific Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa. Best Journal: Biologi Education Science & Technology, 5 (2). pp. 380-385. ISSN 2654-4652

[img] Text
6001-17116-2-PB (2).pdf

Download (528kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Scientific Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Negeri 1 percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi berjumlah 157 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel berjumlah 40 siswa yang berasal dari kelas MIPA1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran scientific learning dan MIPA2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pretest-posttest berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan non tes berupa angket keterampilan proses sains siswa. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes diuji coba pada kelas XI MIPA2, dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasayarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis pada hasil belajar diperoleh thitung = 16,58 dan uji hipotesis pada keterampilan proses sains siswa diperoleh thitung = 5,82 sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =2,02 artinya thitung ≥ ttabel, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Scientific Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa.

Jenis Item: Artikel
Uncontrolled Keywords: Scientific Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Mar 2023 03:49
Last Modified: 03 Mar 2023 03:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17956

Actions (login required)

View Item View Item