Modernisasi Kurikulum Dayah Jeumala Amal Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh

Syah, Firdaus (2022) Modernisasi Kurikulum Dayah Jeumala Amal Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (879kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (352kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) Pemahaman pengelola Dayah Jeumala Amal tentang modernisasi kurikulum; (2) Alasan pengelola melakukan modernisasi kurikulum dayah; (3) Faktor-faktor yang melatarbelakangi modernisasi kurikulum dayah; (4) Modernisasi tujuan, isi, metode dan evaluasi kurikulum dayah; (5) dan langkah-langkah yang dilakukan pengelola dalam melakukan modernisasi kurikulum dayah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Lokasi penelitian di Dayah Jeumala Amal Lueng Putu Kabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen. Pengelolaan data terdiri dari reduksi data, penyajian data, analisis data, dan teknik keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Pengelola Dayah Jeumala Amal memiliki pemahaman yang utuh mengenai modernisasi kurikulum dayah; (2) Alasan pengelola melakukan modernisasi kurikulum dayah disebabkan oleh tuntutan kekinian dan kebutuhan akan dunia kerja yang semakin beragam; (3) Faktor-faktor yang melatarbelakangi modernisasi kurikulum dayah terdiri dari faktor internal yakni munculnya kesadaran di kalangan para pendiri dan masyarakat sekitar untuk memajukan pendidikan di Aceh, dan faktor eksternal berkaitan dengan modernisasi pendidikan Islam yang muncul di dunia Islam lainnya seperti di Mesir, Turki dan India serta pengaruh gagasan modernisasi pada awal abad ke- 20 M. (4) Moderniasi kurikulum Dayah Jeumala Amal mencakup tujuan, isi, metode dan pelaksanaan evaluasi. Isi kurikulum Dayah Jeumala Amal terdiri dari kurikulum inti yang meliputi ilmu pengetahuan umum yang dipadukan dengan kurikulum kementerian agama dan kurikulum yang telah disusun oleh BPPD Aceh, kokurikuler terdiri dari muhadharah, pengembangan bahasa Arab dan Inggris, tahfidzul Qur’an, pelajaran membaca kitab-kitab klasik, ekstrakurikuler terdiri dari seni budaya yang meliputi nasyid, tarian tradisional, sobat lingkungan, bengkel tulis, kaligrafi, debat dalam bahasa Indonesia, Arab dan Inggris dan di bidang olah raga yang meliputi cabang futsal, badminton, tenis meja, basket, dan sepak takraw; (5) Langkah-langkah modernisasi kurikulum dayah yaitu membuat perencanaan, program tahunan, program semester, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Selanjutnya adalah proses pelaksanaan kurikulum dayah yang diakhiri dengan melakukan evaluasi yang berkelanjutan.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:09
Last Modified: 02 Mar 2023 09:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17951

Actions (login required)

View Item View Item