Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Sikap Religius Anak Di Lingkungan 28 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota Medan

Mauliddin, Ayu (2021) Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga Melalui Metode Pembiasaan Terhadap Sikap Religius Anak Di Lingkungan 28 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover skipsi Ayu Mauliddin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Daftar Pustaka & Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga melalui metode pembiasaan terhadap sikap religius anak di Lingkungan 28 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota Medan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Kuantitatif Korelasional, dengan teknik pengumpulan data berupa Observasi, Koesioner/Angket, dan Dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini adalah orang tua di Lingkungan 28 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota Medan dengan jumlah 44 orang. Adapun teknik analisis data dalam penelitian melalui bantuan SPSS 21.0, 2021 for windows. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh hasil sebesar 0,609 atau 60,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi Pendidikan Islam Dalam Keluarga Melalui Metode Pembiasaan terhadap Sikap Religius Anak sebesar 60,9%. Sisanya sebesar 39,1% (100% - 60,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan berdasarkan hasil statistik uji T diketahui bahwa nilai Thitung dari variabel Pendidikan Islam Dalam Keluarga Melalui Metode Pembiasaan > dari nilai Ttabel. Thitung = 2,179. Nilai Ttabel diperoleh dengan k = jumlah variabel adalah 2 dan n = jumlah sampel adalah 44, maka df = n-k (44-2=42) sehingga diperoleh Ttabel = 2,018. Dan nilai signifikan (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendidikan Islam dalam keluarga melalui metode pembiasaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Sikap Religius Anak Di Lingkungan 28 Kelurahan Rengas Pulau Kecamatan Medan Marelan Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, metode pembiasaan, sikap religius
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:07
Last Modified: 02 Mar 2023 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17923

Actions (login required)

View Item View Item