Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 1 Tanjung Tiram

Juwita, Juwita (2022) Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP N 1 Tanjung Tiram. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Caver dan lainnya2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (116kB)
[img] Text
2DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar adalah segala usaha siswa yang dilakukan untuk mencapai keberhasilan dalam belajar, yang mana motivasi terbagi menjadi dua yaitu,Motivasi instrinsik adalah motivasi yang berasal dari dalam diri siswa tanpa adanya dorongan dari luar, sedangkan motivasi ekstrinsik adalah motivasi kebalikan dari instrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa, peran keluarga, sekolah, serta masyarakat terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Tiram, Tahun Ajaran 2020. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis dan tepat mengenai suatu fakta, gejala, serta peristiwa yang terjadi pada masa sekarang. Data yang didapatkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Tanjung Tiram, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, serta siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Tiram yang berjumlah 28 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa temuan, yaitu 1. Motivasi instrinsik yang dimiliki siswa di SMP Negeri 1 Tanjung Tiram yang berasal dari diri mereka sendiri yaitu dipengaruhi oleh faktor jasmaniah dan faktor psikologis, sedangkan motivasi ekstrinsik seperti pemberian nilai/skor harian, remedial perbaikan nilai, metode mengajar, kurikulum, media yang digunakan guru dalam mengajar. 2. Peran keluarga, seperti perhatian orang tua, fasilitas yang diberikan orang tua, relasi wali murid dengan pihak sekolah terhadap perkembangan anak. Peran sekolah berupa sarana dan prasarana, metode, kurikulum, hubungan siswa dan guru. Peran masyarakat berupa kegiatan siswa dalam masyarakat, sarana prasarana, serta media lingkungan yang digunakan dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 03:18
Last Modified: 02 Mar 2023 03:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17915

Actions (login required)

View Item View Item