Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tritech Informatika

Sipahutar, Ilyas Muhammad (2022) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tritech Informatika. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN LAIN LAIN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (5).pdf

Download (480kB)
[img] Text
BAB II (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (5).pdf

Download (4MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam di SMK Tritech Informatika Medan, mendeskripsikan dan menganalisis cara sekolah dalam mengevaluasi kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam di SMK Tritech Informatika Medan dan mendeskripsikan dan menganalisis upaya sekolah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam di SMK Tritech Informatika Medan Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh guru adalah kemampuan profesional, salah satu cara melihat keprofesionalannya adalah dengan melihat kemamuan guru menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) mengapa guru PAI ditugaskan sebagai wali kelas; 2) bagaimana guru PAI menguasai dan mengembangkan materi pelajaran umum; 3) bagaimana guru PAI menguasai SDKD mata pelajaran; 4) bagaimana guru PAI mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dan melakukan tindakan refleksi; dan 5) bagaimana guru PAI memanfaatkan TIK untuk komunikasi dan mengembangkan diri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dan dalam pembahasannya menggunakan metode deskriptif analitik. Teknik penggalian data dilakukan dengan observasi terhadap guru PAI yang melakukan pembelajaran umum; wawancara kepada guru PAI yang menjadi wali kelas, kepala SMK Tritech Informatika Medan, Wakasek urusan kurikulum dan siswa; dilengkapi melalui dokumentasi sekolah dan guru PAI. Hasil temuan bahwa: 1) guru PAI diangkat sebagai wali kelas yang mengajar pelajaran umum di SMK Tritech Informatika Medan karena keterbatasan pendidik berlatar belakang pendidikan umum, tetapi dipilih guru yang memiliki kompetensi; 2) guru PAI menguasai dan mengembangkan materi dengan menetapkan materi pokok sesuai KD pada RPP dan menguasainya dari berbagai referensi; 3) guru PAI menguasai SK dan KD melalui analisis materi pelajaran; mengembangkan SKKD dalam penjabaran indikator; 4) guru PAI melakukan reflektif secara rutin berama dengan siswa dan sharring teman sebaya serta mengikuti peatihan dan meningkatkan kemampuan personal; serta pernah melakukan refleksi dengan kepala madrasah; 5) guru PAI memanfaatkan TIK sebagai media komunikasi melalui telepon, WA, SMS dan lain-lain serta sebagai pengembangan profesi seperti sebagai media dan sebagai sumber belajar. Merekomendasikan kepada guru PAI yang mengajar umum untuk selalu meningkatkan keprofesionalan guru melalui KKG dan sharring teman sejawat; dan memberdayakan kemajuan TIK sebagai media dan sumber belajar.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Profesional Guru PAI, SMK Tritech Informatika Medan
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Manajemen Pendidikan Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 08:17
Last Modified: 28 Feb 2023 08:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17870

Actions (login required)

View Item View Item