Analisis Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Penanggulangan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Pangkalan Susu Kabupaten Langkat.

Hayati, Nursakinah (2022) Analisis Partisipasi Masyarakat Terhadap Program Penanggulangan Stunting Di Wilayah Kerja Puskesmas Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf

Download (828kB)

Abstract

Stunting adalah salah satu bentuk kecacatan perkembangan yang menyebabkan kelainan pada anak kecil sebagai akibat kekurangan gizi jangka panjang. Sumatera Utara merupakan salah satu provinsi dengan jumlah kasus stunting terbanyak kelima pada anak di bawah usia lima tahun. Diantaranya adalah Kabupaten Langkat yang memiliki angka stunting relatif tinggi yaitu 53%. Jumlah itu termasuk di Kecamatan Pangkalan Susu yang memiliki jumlah anak balita yang cukup banyak menderita stunting. Pada tahun 2019, 19 anak laki-laki dan 9 anak perempuan mengalami stunting. Pada tahun 2020 terdapat 19 anak stunting di bawah usia lima tahun, dimana 8 laki-laki dan 8 perempuan menderita stunting. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keterlibatan masyarakat dalam program pencegahan stunting di wilayah kerja Puskesmas Pangkalan Susu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September 2021, pengumpulan data untuk penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dan observasi serta diuji melalui triangulasi. Informan penelitian 1 pengelola gizi, 3 kader difabel, 3 ibu PKK, 4 kepala desa dan 4 ibu anak stunting. Hasil wawancara menunjukkan bahwa pelaksanaan program stunting tetap berjalan, namun kendalanya antara lain keterlibatan masyarakat yang kurang mendukung, seperti: Rekomendasi. untuk anak kecil Petugas gizi dan petugas kesehatan diharapkan dapat memberikan pembinaan yang lebih mendalam dan mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam kegiatan dan program posyandu stunting untuk mencapai tujuan program pengendalian stunting yang telah ditetapkan Pemerintah Kabupaten Langkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat, Pelaksanaan, Program, Stunting
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:46
Last Modified: 28 Feb 2023 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17853

Actions (login required)

View Item View Item