Penerapan fungsi Manajemen Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dalam Membina Keagamaan di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat

Safrida, Nurvivin (2022) Penerapan fungsi Manajemen Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dalam Membina Keagamaan di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (539kB)
[img] Text
daftar pustaka_merged (2).pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Fungsi Manajemen Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dalam Membina Keagamaan Remaja di Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian ini dilaksanakan di Masjid Ubudiyah Pangkalan Berandan yang terletak dijalan Thamrin, sei Bilah, Kecamatan Babalan Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif atau penelitian lapangan dengan cara mengumpulkan data melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah diteliti hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) BKPRMI menerapkan empat fungsi manajemen yaitu a. Fungsi perencanaan, dilakukan dengan rapat bersama, b. fungsi pengorganisasian, diterapkan dalam pembagian tugas dan tanggung jawab kepada semua pengurus. c. Fungsi pengarahan yaitu dengan melakukan bimbingan dan pemberian motivasi. d. Fungsi pengawasan, diterapkan oleh pengurus BKPRMI untuk mengawasi segala kegiatan dalam setiap program yang dilakukan. 2) Keberhasilan BKPRMI dalam membina keagamaan remaja yaitu a. dengan terlaksananya wirid pengajian remaja, b. tadarus Alquran, c. shalat subuh berjamaah dan d.pendukung usaha BKPRMI. 3) Faktor pendukung: pelaksanaan kegiatan BKPRMI didukung fasilitas masjid, sumber dana dari parfum Al-Qayyum dan latar belakang anggota BKPRMI yang sangat beragam, semangat anggota dan pengurus BKPRMI yang sangat luar biasa. Faktor penghambat: kurangnya minat remaja untuk bergabung didalam sebuah organisasi, kurangnya keinginan remaja dalam mendalami ilmu agama dan dari segi kepengurusan BKPRMI yang belum memaksimalkan potensi yang dimiliki terutama dalam bidang informasi yang kurang update dalam memberikan informasi tentang kegiatan yang dilaksanakan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.21 Fungsionaris Da’wah, Wali, Ulama, Kiai, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:15
Last Modified: 28 Feb 2023 02:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17823

Actions (login required)

View Item View Item