Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Melalui Pendekatan Manajemen SDM Kesehatan Di Puskesmas Teladan Kota Medan

Barus, Erishta Khofifah (2022) Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Melalui Pendekatan Manajemen SDM Kesehatan Di Puskesmas Teladan Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
'COVER SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf

Download (318kB)
[img] Text
'BAB I SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf

Download (127kB)
[img] Text
'BAB II SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
'BAB III SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] Text
'BAB IV SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
'BAB V SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf

Download (110kB)
[img] Text
'LAMPIRAN SKRIPSI ERISHTA 12345.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan di puskesmas menjadi pengaruh yang cukup besar dalam pembangunan kesehatan dan dapat meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia pada pelayanan kesehatan. Dalam wilayah kerja Puskesmas Teladan terdapat pegawai yang kurang dalam mutu pelayanan kesehatannya seperti kedisiplinan dan kurangnya efesien pegawai dalam membagi waktu dalam pekerjaannya, serta penempatan pegawai yang tidak sesuai dengan latar pendidikan dan pegawai yang mengemban 3 program dalam tugasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan upaya peningkatan mutu pelayanan melalui pendekatan manajemen SDM kesehatan di Puskesmas Teladan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif menggunakan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi, informan pada penelitian ini adalah 5 orang tenaga kesehatan yang bekerja di puskesmas teladan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum mutu pelayanan di puskesmas melalui pendekatan manajemen SDM kesehatan masih belum maksimal dalam peningkatannya, terdapat dalam mutu pelayanan yang masih kurang efektif dan efesien seperti kurangnya pelatihan yang diberikan kepada pegawai, kurangnya kedisiplinan pegawai, dan terdapat pegawai yang kurang efesien dalam melakukan program puskesmas karena memiliki tugas rangkap yang berlebihan. Berdasarkan uraian di atas sebaiknya Dinas Kesehatan Kota Medan lebih meningkatkan kembali pelatihan untuk tenaga kesehatan agar tercapainya mutu pelayanan yang sesuai standar sebuah instansi terutama dalam puskesmas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: :Mutu Pelayanan, Manajemen SDMK, Peningkatan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 08:03
Last Modified: 27 Feb 2023 08:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17807

Actions (login required)

View Item View Item