Hubungan pengetahuan sikap dan tindakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes Aegypti di Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kabupaten Langkat

Muntaz, Khalda Chofifah (2022) Hubungan pengetahuan sikap dan tindakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes Aegypti di Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER-1.pdf

Download (934kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang terinfeksi dengan salah satu dari empat virus dengue. Pengetahuan sikap dan tindakan sangat berperan penting untuk mengurangi populasi berkembangbiaknya vektor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan pengetahuan sikap dan tindakan dalam pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD dengan keberadaan jentik nyamuk Aedes Aegpti di Kelurahan Pekan Tanjung Pura Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode crosssectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga atau Ibu rumah tangga. Pemilihan sampel menggunakan uji beda 2 proporsi sehingga diperoleh 77 sampel. Uji Statistik menggunakan Chi-Square. Tempat penelitian di Lingkungan III dan IV Kelurahan Pekan Tanjung Pura dilaksanakan pada bulan April 2021 – Februari 2022. Hasil dari penelitian bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan PSN (p-value= 0,009) sikap PSN (p-value= 0,001) tindakan PSN (p-value= 0,009) dengan Keberadaan Jentik Nyamuk Aedes Aegypti. Saran yang diajukan kepada masyarakat adalah dengan melakukan kegiatan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) seperti pelaksanaan 3M (menguras, menutup dan mengubur). Masyarakat diharapkan harus berperan aktif dalam pengendalian vektor jentik Aedes Aegypti, hal ini dikarenakan upaya pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dapat menekan dan mengurangi perkembangbiakan jentik nyamuk Aedes Aegypti.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Keberadaan Jentik Aedes Aegypti
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:44
Last Modified: 27 Feb 2023 07:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17802

Actions (login required)

View Item View Item