Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Dalam Pembinaan Keagamaan Mualaf di Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat

Sari, Devi Novita (2022) Komisi Dakwah Dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia Dalam Pembinaan Keagamaan Mualaf di Kecamatan Sei Bingei Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
(1) Cover Skripsi Devi Novita-1.pdf

Download (787kB)
[img] Text
(2) Bab 1 Skripsi Devi Novita.pdf

Download (107kB)
[img] Text
(3) Bab 2 Skripsi Devi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] Text
(4) Bab 3 Skripsi Devi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
(5) Bab 4 Skripsi Devi Novita.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
(6) Bab 5 Skripsi Devi Novita.pdf

Download (178kB)
[img] Text
(7) Daftar Pustaka Skripsi Devi Novita.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk pembinaan keagamaan mualaf. (2) faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan Majelis Ulama Indonesia dalam melaksanakan proses pembinaan keagamaan mualaf di Kabupaten Langkat. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan penelitian terdiri dari tiga orang yang merupakan ketua, wakil ketua dan sekretaris komisi dakwah dan pengembangan masyarakat. Alat pengumpulan data dilakukan melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan Pertama, bentuk pembinaan dalam bidang akidah diajarkan membaca alquran dengan cara mengenal huruf-huruf hijaiyah dan tajwid- tajwid. Kedua, pembinaan dalam bidang ibadah mereka diajarkan dan dilatih untuk tata cara wudhu, tayamum, menghafal bacaan- bacaan sholat, syarat dan rukun sholat, praktek sholat, zikir dan doa. Dalam pembinaan keagamaan mualaf di Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat ini tentunya memiliki faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yang didapat adalah motivasi dari para dai untuk menjalankan tugas membina mualaf dan partisipasi dari pemerintah dan lembaga kemitraan untuk bekerjasama. Sedangkan faktor penghambat Pertama, jarak tempuh para dai untuk membina para mualaf sulit dijangkau karena mereka tinggal di daerah terpencil. Kedua, kurangnya kesadaran mualaf dalam pembinaan ini disebabkan para mualaf lebih memfokuskan bekerja. Ketiga, keterbatasan pembina untuk memberikan pengajaran kepada para mualaf.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Langkat dan Pembinaan Mualaf.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam > 2X7.21 Fungsionaris Da’wah, Wali, Ulama, Kiai, Da'i
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 07:16
Last Modified: 27 Feb 2023 07:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17798

Actions (login required)

View Item View Item