Efektivitas Komunikasi BKM Masjid Ittihadul Ikhwan Tentang Program Magrib Mengaji di Lingkungan II Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas

Amalia, Khairu (2022) Efektivitas Komunikasi BKM Masjid Ittihadul Ikhwan Tentang Program Magrib Mengaji di Lingkungan II Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Khairu.pdf

Download (621kB)
[img] Text
Bab I Khairu.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Bab II Khairu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
Bab III Khairu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text
Bab IV Khairu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
Bab V Khairu.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Khairu.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan metode efektivitas komunikasi BKM Masjid Ittihadul Ikhwan tentang program Magrib Mengaji di Lingkungan II Kelurahan Sitirejo II Kecamatan Medan Amplas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dan tipe penelitian deskriptif, yakni suatu bentuk penelitian yang bertujuan untuk memberikan gambaran umum berupa data yang diperoleh dari lapangan secara objektif dan rinci. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil dari wawancara, observasi, dokumentasi dan triangulasi. Dengan informan berjumlah 8 orang yang terdiri dari BKM Masjid Ittihadul Ikhwan, relawan Magrib Mengaji, orang tua murid dan masyarakat Lingkungan II Kelurahan Sitirejo II Kecamatan Medan Amplas. Hasil penelitian menemukan bahwa bentuk komunikasi yang dilakukan BKM Masjid Ittihadul Ikhwan komunikasi kelompok, satu orang relawan hanya mengajar 4 sampai 8 orang agar proses belajar mengajar lebih efektif, mudah berinteraksi dengan orang lain karena saling mengenal. Beberapa metode komunikasi yang dilakukan BKM Masjid Ittihadul Ikhwan: Pertama, menggunakan media cetak seperti spanduk dan brosur. Kedua, media sosial berupa Facebook dan WhatsApp Group. Ketiga, menampilkan murid ketika acara Perayaan Hari Besar Islam (PHBI). Keempat, mengajarkan adab. Kelima, menonton film bareng sebulan sekali. Dengan bentuk dan metode yang digunakan oleh BKM Masjid Ittihadul Ikhwan tentang Program Magrib Mengaji di Lingkungan II Kelurahan Sitirejo III Kecamatan Medan Amplas tersebut, dapat disimpulkan cukup efektif karena banyaknya orang tua yang mendaftarkan anaknya untuk mengikuti program Magrib Mengaji hingga mencapai 35 murid dan 10 orang tenaga pengajar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Komunikasi, BKM Masjid Ittihadul Ikhwan, Program Magrib Mengaji.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.2 Da’wah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 27 Feb 2023 05:25
Last Modified: 27 Feb 2023 05:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item View Item