Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Posyandu Balita pada masa Pandemi di Kelurahan Simare-mare Kota Sibolga

Puspita, Selia (2022) Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Posyandu Balita pada masa Pandemi di Kelurahan Simare-mare Kota Sibolga. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SELIA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 1_SELIA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
BAB 2_SELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3_SELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4_SELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5_SELIA.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAPUS_SELIA.pdf

Download (885kB)

Abstract

Posyandu merupakan salah satu pelayanan Kesehatan di tingkat masyarakat yang berperan penting dalam memberikan pelayanan Kesehatan dasar pada anak. Dengan adanya Pandemi menyebabkan masalah pada pelayanan Kesehatan esensial, salah satu dampaknya yaitu pemanfaatan posyandu balita menjadi rendah pada masa Pandemi ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan, Pendidikan, pekerjaan, pendapatan, akses, ketersediaan posyandu, persepdi pelayanan posyandu pada masa pandemi serta kebutuhan individu dengan pemanfaatan posyandu balita. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 65 responden yang didapatkan melalui Teknik stratified random sampling. Uji yang digunakan yaitu Uji Chi Square. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan (0,025), pendidikan (0,018), pekerjaan (0,038), akses (0,007), ketersediaan posyandu (0,006), persepsi pelayanan posyandu (0,015) dengan pemanfaatan posyandu balita, namun tidak terdapat hubungan antara pendapatan (0,302) serta kubutuhan individu (0,532) terhadap pemanfaatan posyandu balita. Puskemas diharapkan mengadakan evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan oleh kader, sehingga kader dapat meningkatkan kualitas pelayanan untuk mengajak ibu balita lebih aktif lagi ke posyandu serta memberikan pembinaan bagi keluarga untuk mengubah pemahaman ibu balita mengenai posyandu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Poyandu, Pandemi, Kelurahan Simare-mare
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:38
Last Modified: 27 Feb 2023 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17778

Actions (login required)

View Item View Item