Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Dan Dengan Yang Menggunakan Pembelajaran Konvensional Di Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran

Syafitriani, Syafitriani (2022) Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Dan Dengan Yang Menggunakan Pembelajaran Konvensional Di Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover_Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I_Skripsi.pdf

Download (567kB)
[img] Text
BAB II_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (892kB)
[img] Text
BAB III_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB)
[img] Text
BAB IV_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V_Skripsi.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan berjudul “Perbedaan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Quipper School Dan Dengan Yang Menggunakan Pembelajaran Konvensional Di Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran” yang dilatarbelakangi bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada pembelajaran matematika masih tergolong rendah dan kegiatan pembelajaran di kelas umumnya selalu menggunakan pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru Metodologi penelilitan ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Muhammadiyah 8 Kisaran. Sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 36 siswa yang akan diterapkan media pembelajaran Quipper School dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan akan diterapkan pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel adalah purpose sampling. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan antara penggunaan media pembelajaran Quipper School dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak di kelas X. Hasil perbedaan didukung dengan diperoleh thitung > ttable yaitu 5,96 > 1,67 yang berarti terdapat perbedaan pada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang menggunakan media pembelajaran Quipper School dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quipper School, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:26
Last Modified: 24 Feb 2023 09:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17771

Actions (login required)

View Item View Item