Analisis Efektivitas Produk Rahn Tasjily Tanah Dalam Kemudahan Permodalan Dan Peningkatan Perekonomian Nasabah Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan

Pratiwi, Atika (2022) Analisis Efektivitas Produk Rahn Tasjily Tanah Dalam Kemudahan Permodalan Dan Peningkatan Perekonomian Nasabah Pada PT Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (559kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat efektivitas produk Rahn Tasjily tanah dalam kemudahan permodalan pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia budi Medan dan untuk mengetahui tingkat efektivitas produk Rahn Tasjily tanah dalam peningkatan perekonomian nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Setia budi Medan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder dan cara pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan produk Rahn Tasjily tanah yang terdapat pada Pegadaian Syariah Cabang Setia Budi Medan sudah sesuai dengan indikator efektifitas kemudahan permodalan, dibuktikan dengan adanya penjelasan dari para staff dan nasabah yang menggunakan produk Rahn Tasjily tanah ini. Produk Rahn Tasjily tanah juga sudah sesuai dengan indikator efektifitas peningkatan perekonomian yang dibutikan dengan penjelasan dari beberapa nasabah yang ekonominya meningkat setelah menggunakkan produk ini. Meskipun dalam prosesnya produk ini masih terdapat beberapa kendala seperti proses yang panjang dan sulit serta penuh kehati-hatian dalam memilih calon nasabah yang akan menggunakan produk ini dan resiko yang besar jika para nasabah gagal membayar, produk ini masih cukup digemari di kalangan masyarakat sehingga produk ini dinilai sudah efektif, karena dalam praktiknya pembiayaan Rahn Tasjily tanah ini telah memenuhi aspek-aspek efektivitas, dan indikator-indikator efektivitas kemudahan permodalan dan peningkatan perekonomian. Dalam perspektif ekonomi Islam pembiayaan ini juga telah sesuai dengan prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti tidak ada unsur riba, transaksi yang dilakukan merupakan transaksi yang diperbolehkan dan bukan suatu kegiatan yang diharamkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Rahn Tasjily Tanah, Pegadaian Syariah.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.4 Kedudukan Wanita
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:44
Last Modified: 24 Feb 2023 05:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17755

Actions (login required)

View Item View Item