Pergaulan Remaja Dalam Tinjauan Filsafat Etika (Fenomena di Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara)

Sutiara, Leny (2022) Pergaulan Remaja Dalam Tinjauan Filsafat Etika (Fenomena di Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover dan Kawannya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I..pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
BAB IV..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB V..pdf

Download (102kB)
[img] Text
Daftar Pustaka dan Kawannya.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pergaulan remaja dalam tinjauan filsafat etika (fenomena di desa karang baru kecamatan datuk tanah datar kabupaten batubara). Pergaulan dimasa remaja merupakan sebuah hal yang penting untuk terus dipantau dengan baik, dan hal ini menjadi titik fokus sumber masalah yang dijadikan sebagai latar belakang dalam penelitian ini dan dijadikan sebagai bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Skripsi ini mendeskripsikan tentang pokok pembahasan mengenai permasalahan penelitian yang dibagi menjadi 3 sub masalah yaitu, pertama membahas bagaimana bentuk pergaulan remaja yang ada di desa karang baru kecamatan datuk tanah datar kabupaten batubara, kedua membahas apa faktor yang mempengaruhi etika dalam pergaulan yang ada dikalangan remaja di Desa Karang Baru Kecamatan Datuk Tanah Datar Kabupaten Batubara, ketiga membahas bagaimana etika pergaulan terhadap kenakalan remaja yang ada di Desa Karang Baru. Untuk itu dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui beberapa masalah yang sudah terpaparkan dalam rumusan masalah agar mendapatkan hasil dari sebuah penelitian. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif atau penelitian lapangan (Field Research) dan jenis pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer yaitu remaja yang berusia 13-16 tahun dan sumber data sekunder yaitu berasal dari tokoh masyarakat desa karang baru dan berbagai sumber referensi buku filsafat dan remaja, yang behubungan dengan judul penelitian ini. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data melalui observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pergaulan remaja terdapat beberapa etika yang perlu diterapkan agar didalam pergaulannya bisa di arahkan ke ranah yang lebih baik lagi. Dan fenomena yang didapat dalam penelitian ini yaitu terdapat beberapa remaja yang masuk kedalam kategori pergaulan yang baik dan pergaulan yang kurang baik. Pergaulan yang baik yaitu berbagai remaja masih mau ikut bergabung dalam kegiatan-kegiatan positif di desa tersebut seperti membantu ibu-ibu dan bapak-bapak dalam kegiatan keagamaan, melakukan kegiatan rutin membersihkan masjid setiap jumat. Sedangkan pergaulan yang kurang baik yaitu beberapa remaja bergaul dengan lawan jenis tanpa ada batasan, sering berkumpul bersama nongkrong dan saling bermain game online, sehingga dari bentuk pergaulan ini banyak yang menjadi sebab atas perilaku seorang anak terhadap orang tuanya yang tidak baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergaulan, Remaja, Filsafat Etika
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:39
Last Modified: 23 Feb 2023 06:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17726

Actions (login required)

View Item View Item