Strategi Pendayagunaan Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada LAZNAS IZI Sumut)

Hasibuan, Nurlaila (2022) Strategi Pendayagunaan Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada LAZNAS IZI Sumut). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Fix.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (531kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (489kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAPUS.pdf

Download (502kB)

Abstract

Penelitian Nurlaila Hasibuan (2021). Skripsi berjudul Strategi Pendayagunaan Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Ekonomi Mustahik Dimasa Pandemi COVID-19 (Studi Kasus Pada LAZNAS IZI Sumut), Di bawah bimbingan Bapak Imsar, M.Si sebagai Pembimbing Skripsi I dan Rahmat Daim Harahap, M.Ak sebagai Pembimbing Skripsi II. Penelitian ini mengambil topik permasalahan yaitu tentang bagaimana strategi pendayagunaan zakat produktif yang dijalankan oleh LAZNAS IZI Sumut dalam memberdayakan ekonomi mustahik dimasa pandemi COVID-19 ini. Dimana sejak pandemi COVID-19, pendayagunaan zakat di LAZNAS IZI Sumut mengalami berbagai kendala. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat dan menemukan strategi apa yang harus diupayakan oleh LAZNAS IZI Sumut dalam menghadapi permasalahan-permasalahan yang terjadi dalam mengelola zakat produktif dimasa pandemi COVID-19 ini dengan menggunakan analisis SWOT, khususnya dalam upaya pemberdayaan ekonomi mustahik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian ini menjelaskan ataupun mendeskripsikan situasi-situasi ataupun keadaan yang akan diteliti secara menyeluruh dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah adapun strategi yang dilakukan oleh LAZNAS IZI Sumut dalam pemberdayaan ekonomi mustahik dimasa pandemi COVID-19 ini yaitu dengan memaksimalkan penghimpunan zakat dengan memanfatkan media online, melakukan pengawasan secara intensif terhadap keberjalanan program, menambah jejaring sosial sebagai mitra dalam pengelolaan zakat dan mencari inovasi-inovasi baru yang dapat menunjang kegiatan operasional lembaga terutama di masa pandemi COVID-19 ini. Dampak dari pendayagunaan zakat produktif ini terhadap pemberdayaan ekonomi mustahik dimasa pandemi COVID- 19 ini sangat besar, hal ini bisa dilihat dari tingkat pendapatan mustahik sesudah dan sebelum mendapatkan dana zakat. Selanjutnya faktor penghambat dalam pendayagunaan zakat produktif selanjutnya akan diatasi dengan strategi-strategi baru dan faktor pendukung sehingga ekonomi mustahik dapat berdaya. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan LAZNAS IZI Sumut kedepannya tentang bagaimana pengoptimalan penghimpunan dana zakat, pendistribusian serta pendayagunaan zakat agar visi dan misi lembaga dapat tercapai. Kemudian dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya khususnya yang berkaitan tentang pengelolaan zakat produktif dan diharapkan ada pembaruan setiap tahunnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendayagunaan Zakat Produktif, Pemberdayaan, COVID-19.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:38
Last Modified: 22 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17647

Actions (login required)

View Item View Item