Pengaruh Penurunan Kadar Mn dan KMnO4 Dalam Air Sumur Gali Menjadi Air Bersih Dengan Media Karbon Aktif Kulit Pisang Kepok (Musa acuminate balbisiana C.) Dengan Aktivator HCl.

Asyari, Auly (2022) Pengaruh Penurunan Kadar Mn dan KMnO4 Dalam Air Sumur Gali Menjadi Air Bersih Dengan Media Karbon Aktif Kulit Pisang Kepok (Musa acuminate balbisiana C.) Dengan Aktivator HCl. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (145kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan (i) untuk mengetahui hasil uji fisis pada karbon aktif kulit pisang kepok dengan aktivator HCl, (ii) untuk mengetahui kualitas air sumur gali sebelum dan sesudah dilakukan pemfilteran berbasis karbon aktif kulit pisang kepok dengan aktivator HCl. (iii) untuk mengetahui variasi media pemfilteran yang terbaik terhadap air sumur gali berbasis karbon aktif kulit pisang kepok dengan aktivator HCl. Air sumur gali yang digunakan untuk pengujian ini adalah air sumur gali di Gg. Sepakat, Kecamatan Medan Marelan, Kelurahan T.600, Provinsi Sumatera Utara. Karbon aktif pada penelitian ini merupakan hasil aktivasi pada suhu 600 selama 45 menit dan aktivator HCl 3 M selama 7 jam. Variasi komposisi karbon aktif kulit pisang kepok dan zeolit bahan pemfilteran yaitu sampel A (75%:25%), sampel B (50%:50%), sampel C (25%:75%). Pada penelitian ini parameter pengujian kimia yaitu (Mn dan KMn dari ketiga variasi komposisi bahan pemfilteran diperoleh yang terbaik yaitu sampel C, dengan nilai Mn sebesar 86,5% dan nilai KmnO4 sebesar 86,7%, yang telah memenuhi baku mutu air bersih sesuai dengan PERMENKES RI No. 32 Tahun 2017.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karbon Aktif, Kulit Pisang Kepok, Mn dan KMnO4
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Feb 2023 09:28
Last Modified: 21 Feb 2023 09:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17633

Actions (login required)

View Item View Item