Korelasi Kemakmuran Bumi dengan Bacaan Istighfar Analisis Penasiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah terhadap Surah Hud ayat 61

Lubis, Riski Suriani (2022) Korelasi Kemakmuran Bumi dengan Bacaan Istighfar Analisis Penasiran M. Quraish Shihab dalam Tafsir al-Misbah terhadap Surah Hud ayat 61. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Dokumen dari Riski Suriani Lubis (1).pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB I KIKI.pdf

Download (960kB)
[img] Text
BAB II KIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (938kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III KIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV KIKI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V KIKI.pdf

Download (430kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA KIKI.pdf

Download (573kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian tentang Korelasi Kemakmuran Bumi dengan Bacaan Istighfar dalam Surah Hud/11 61 dalam tafsir M. Quraish Shihab, yang berisi tentang memakmurkan bumi sebagai perwujudan dari sebuah amanah Allah kepada manusia demi terciptanya kemaslahatan hidup di bumi. Penciptaan bumi ini sebagai rahmat bagi manusia tentunya harus memanfaatkan segala sesuatu yang ada di bumi dengan sebaikbaiknya tanpa merusaknya. Peran ini pun tidak terlepas dari konteks beribadah kepada Allah swt serta selalu memohon ampunanatas-Nya. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana korelasi kemakmuran bumi dengan bacaan istighfar dalam Surah Hud/11 61. Dalam penelitian ini penulis mencoba memaparkan pandangan seorang ulama besar Indonesia yang sangat masyhur yaitu Muhammad Quraish Shihab seputar penafsiran beliau mengenai Surah Hud/11 61 tentang kemakmuran bumi dan bacaan istighfar. Adapun metodologi yang penulis gunakan adalah melalui penelitian kepustakaan dan digunakan teknik analisisisi dan dilakukan dengan cara mendapatkan data melalui buku-buku yang berhubungan dengan obyek yang dibahas. Adapun sumber data primer yang digunakan yaitu kitab tafsir alMisbah karya M. Quraish Shihab, sedangkan yang menjadi sumber skunder diperoleh dari berbagai literatur, majalah, buku, situs web dan berbagai sumber lainnya yang berkaitan dan relevan dengan judul yang dibahas. Hasil dari penelitian ini yaitu, bahwa memakmurkan bumi baiknya berlandaskan sesuai dengan akidah dalam ajaran Nabi dan Rasul, dan juga kesadaran bahwa di bumi inilah manusia hidup dan berkembang biak, dan olehnya juga upaya dalam memakmurkan bumi v merupakan kewajiban fitrahmanusia, dan segala bentuk kerusakan yang dilakukan terhadap bumi merupakan pelanggaran yang mengharuskan manusia untuk memohon ampunan (beristighfar) kepada Allah swt.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemakmuran Bumi, BacaanIstighfar
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.2 Al-Quran dan terjemahnya
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:43
Last Modified: 21 Feb 2023 09:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17625

Actions (login required)

View Item View Item