Perilaku Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Dusun Juli Desa Aras Kabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang

Harahap, Sharfna Putri (2022) Perilaku Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Di Dusun Juli Desa Aras Kabu, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover - Daftar Gambar Sharfina.pdf

Download (738kB)
[img] Text
BAB 1 Sharfina.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II Sharfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Sharfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Sharfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Sharfina.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN Sharfina.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berbagai aktivitas manusia secara langsung maupun tidak langsung menghasilkan sampah. Akibatnya, efek sampah yang dihasilkan pun dapat berdampak terhadap estetika dan juga dapat menjadi sumber penyebaran penyakit yang menular apabila tidak dikelola secara baik dan benar. Tentunya hal tersebut merupakan permasalahan serius yang harus ditanggulangi. Akan tetapi, permasalahan sampah di Indonesia saat ini masih menjadi permasalahan yang tidak kunjung usai. Sampah yang hanya diangkut satu kali seminggu oleh petugas kebersihan dan juga tidak tersedianya Tempat Pembuangan Sampah (TPS) mendorong masyarakat untuk mengambil keputusan dengan berbagai perilaku dalam mengelola sampah rumah tangga. Perilaku seseorang tentunya dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, diantaranya faktor pengetahuan dan juga faktor sikap. Tujuan penelitian: untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap terhadap perilaku masyarakat Dusun Juli Desa Aras Kabu dalam mengelola sampah. Metode: Jenis penelitian ini yaitu survei analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan Juni hingga November 2022. Populasi penelitian ini berjumlah 608 jiwa dengan sampel penelitian berjumlah 86 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan menggunakan rumus slovin. Analisis data menggunakan uji univariat dan bivariat. Hasil: Uji analisis bivariat menunjukkan terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan terhadap perilaku dalam mengelola sampah rumah tangga, dimana nilai p-valeu = 0.000<0.05. Selanjutnya juga terdapat hubungan yang bermakna antara sikap terhadap perilaku dalam mengelola sampah rumah tangga, dimana nilai p-valeu = 0.000<0.05. Kesimpulan: Pada penelitian ini membuktikan bahwa pengetahuan dan sikap memiliki hubungan kebermaknaan terhadap perilaku dalam mengelola sampah rumah tangga pada masyarakat Dusun Juli Desa Aras Kabu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 614 Incidence and prevention of disease
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 24 Mar 2023 07:21
Last Modified: 24 Mar 2023 07:21
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item View Item