Siregar, Maya Rizky Utami Br. (2022) Peran Kepala Sekolah Sebagai Climator Dalam Mengembangkan Budaya Islami Di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
cover.pdf Download (669kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (237kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Budaya Islami di SMP IT Al- Washliyah 20 Medan. (2) Peran kepala sekolah dalam merencanakan dan mengorganisasikan pengembangan budaya Islami di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. (3) Peran kepala sekolah dalam mensosialisasikan dan mengawasi pengembangan budaya Islami di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. (4) Peran kepala sekolah dalam mengevaluasi pengembangan budaya Islami di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. (5) Faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan budaya Islami di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik wawancara, teknik observasi, serta studi dokumentasi. Informan dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengujian data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dilakukan dengan teknik kreadibilitas, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Budaya Islami di SMP IT Al- Washliyah 20 Medan sudah sesuai karakteristik budaya islami. (2) Kepala sekolah dalam merencanakan pengembangan budaya islami di sekolah berdasarkan tata tertib sekolah dan visi misi sekolah yang telah dibuat, semua kegiatan-kegiatan islami yang di bentuk dalam pengelolaannya dilakukan melalui penciptaan suasana keagamaan di sekolah. Adapun dalam Pengorganisasian, kepala sekolah sepenuhnya memaksimalkan kompetensi guru, pada dasarnya komunitas sekolah merupakan sebuah tim yang bekerjasama untuk mencapai tujuan. (3) Sosialisasi kepala sekolah dalam mengembangkan budaya islami yaitu dengan masa pengenalan sekolah siswa-siswi baru melalui visi, misi sekolah dan tata tertib sekolah kemudian pada saat apel pagi setiap harinya, adapun pengawasan kepala sekolah terhadap warga sekolah yaitu setiap hari, tidak ada aktivitas sekolah yang tidak dapat dipantau oleh kepala sekolah. (4) Evaluasi yang dilaksanakan kepala sekolah adalah evaluasi setiap minggu, setiap bulan, setiap tiga bulan sekali dengan guru-guru sekolah, setiap semester evaluasi dengan orang tua siswa, dan evaluasi tahunan dengan pihak dinas kementerian agama. (5) Faktor pendukung dalam mengembangkan budaya islami di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan adalah dorongan yang kuat oleh kepala sekolah untuk menciptakan hal baru yang unggul yang bermanfaat untuk diri siswa- siswi di masa depannya, yaitu dengan program tahfizhil qur’an. Kemudian label Al- Jam’iyyatul Washliyah yang memang memberikan kesan sekolah yang bernuansa Islami, dorongan guru kepada siswa dan dari diri siswa sendiri. Adapun faktor penghambat adalah lingkungan anak di luar sekolah, penyalahgunaan hp, anak yang belum bisa baca al-quran, anak yang malas menghafal, kurangnya kesadaran diri guru dan siswa tentang berpakaian yang sesuai dengan budaya islami di sekolah dan orang tua yang kurang peduli terhadap aturan sekolah ataupun terhadap anak ketika di rumah. Dari temuan penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan budaya Islami yang diterapkan di SMP IT Al-Washliyah 20 Medan dapat dikategorikan sudah cukup baik, meskipun belum maksimal dan masih terdapat ketidak sesuaian dengan yang diharapkan.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:13 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:13 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17590 |
Actions (login required)
View Item |