Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di RA Hubbul Walad Al-Kotasani Kecamatan Tanjung Morawa

Putri, Umi Muti’ah (2022) Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran di RA Hubbul Walad Al-Kotasani Kecamatan Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (596kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf

Download (122kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI UMI MUTI'AH PUTRI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran, kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan pembelajaran dan hasil evaluasi kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di RA Hubbul Walad Al-Kotasani Kecamatan Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diambil dari dua sumber, pertama, sumber primer terdiri dari kepala sekolah dan guru, dan kedua, sumber sekunder yaitu berupa studi dokumen. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Proses pembelajaran di RA Hubbul Walad Al-Kotasani Kecamatan Tanjung Morawa telah terlaksana dan terstruktur dengan baik. Proses pembelajaran yang terlaksana sama seperti pada umumnya, yaitu melalui beberapa tahap. Tahap pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Aktivitas pembelajaran di RA tersebut masih memprioritaskan pada calistung (baca, tulis, hitung), akan tetapi kegiatan pengembangan juga turut dilakukan walaupun 2 sampai 3 kali dalam seminggu. 2) Kompetensi pedagogik guru RA Hubbul Walad Al-Kotasani dalam melaksanakan proses pembelajaran cukup baik. Dari delapan aspek kompetensi pedagogik yang diamati hampir keseluruhan menunjukan hasil yang baik terlebih pada indikator kemampuan penting dalam melaksanakan proses pembelajaran, seperti kemampuan mengidentifikasi potensi dan karakteristik peserta didik, memahami prinsip pembelajaran, kemampuan menyediakan kegiatan pengembangan, serta membantu peserta didik mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Meskipun begitu terdapat beberapa indikator lainnya yang belum terlaksana secara maksimal. 3) Hasil evaluasi kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan proses pembelajaran di RA Hubbul Walad Al-Kotasani menunjukan hasil yang berbeda pada setiap guru, yaitu baik dan cukup. Berbedanya hasil evaluasi ini dilatarbelakangi oleh kualifikasi pendidikan dan juga pengalaman mengajar yang dimiliki. Guru dengan jenjang dan kualifikasi pendidikan yang linier dengan bidang mengajar yang diemban menunjukan hasil yang baik, sedangkan satu orang guru dengan kualifikasi pendidikan yang tidak sesuai dengan bidang mengajarnya saat ini masuk dalam kategori cukup.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kompetensi pedagogik guru, proses pembelajaran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Feb 2023 05:01
Last Modified: 20 Feb 2023 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17588

Actions (login required)

View Item View Item