Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peran BPBD Dalam Melakukan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Berdasarkan Perda Kabupaten Labuhanbatu Utara No 2 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja BPBD (Studi Kasus Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara)

Indarwati, Sitik (2021) Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Peran BPBD Dalam Melakukan Rehabilitasi Dan Rekonstruksi Berdasarkan Perda Kabupaten Labuhanbatu Utara No 2 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja BPBD (Studi Kasus Desa Pematang Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER siti indarwati.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I SITIK INDAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II SITIK INDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III SITIK INDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV SITIK INDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V SITIK INDAR.pdf

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SITI INDARWATI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keluhan masyarakat desa Pematang kecamatan NA IX-X kabupaten Labuhanbatu Utara terhadap Pemerintah kabupaten Labuhanbatu Utara yaitu Peran bpbd dalam melakukan Rehabilitasi dan Rekontruksi pasca bencana banjir bandang. Dalam melakukan Rehabilitasi pihak bpbd tidak ada melakukan perbaikan rumah masyarakat, dan kurang optimalnya dalam perbaikan prasarana, sarana umum lainnya. dan tidak adanya melakukan Rekontruksi pembangunan rumah masyarakat yang hilang dan rusak berat serta kurang optimalnya pembangunan prasarana, sarana umum lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran BPBD dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana banjir bandang desa Pematang kecamatan NA IX-X kabupaten Labuhanbatu Utara sudah sesuai perda nomor 2 tahun 2012 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja BPBD, selanjutnya untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi BPBD dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca bencana banjir bandang desa Pematang kecamatan NA IX-X kabupaten Labuhanbatu Utara, dan untuk mengetahui Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap perda kabupaten Labuhanbatu Utara nomor 2 tahun 2012 tentang pembentukan organisasi dan tata kerja BPBD. Adapun metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian yuridis empiris dengan pendekatan kasus (case approach). Analisis data yang digunakan yaitu bersifat deskriptif analisis. Temuan penelitian ini dapat dilihat bahwa rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana yang dilakukan BPBD Kabupaten Labuhanbatu Utara masih terdapat permasalahan dan kendala yg dihadapi, belum terlaksana secara optimal dalam perbaikan sarana dan prasarana umum, khusunya perbaikan rumah masyarakat tidak ada dilaksanakan. Dan pada pembangunan sarana dan prasarana belum terlaksana secara optimal, terkhusus pada pembangunan rumah masyarakat tidak ada. Kendalanya yaitu kurangnya dana penanggulangan bencana dari APBD kabupaten. Dalam Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Perda Kabupaten Labuhanbatu Utara Nomor 2 Tahun 2012 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja BPBD masuk kedalam konteks pembahasan siyasah dusturiyah yaitu membahas masalah perundang-undangan, Dalam Islam pemimpin mempunyai istilah yang disebut Umara atau ulil amri. Menurut Abduh dan Ridla, Ulil Amri ialah para pemegang otoritas di suatu negara. Pelaksanaannya di lapangan belum sesuai dengan prinsip-prinsip fiqh siyasah ataupun syar -ciri pemimpin yang baik, dari segi amanah dalam menjalankan tugas. Padahal dalam islam telah dijelaskan sebagaimana Rasullulah SAW bersabda amanat kepemimpinan, namun dia tidak menindaklanjutinya dengan baik, selain tak tidak amanah tidak akan mencium bau surga

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Rehabilitasi, Rekontruksi
Subjects: 2X4 FIQH
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Feb 2023 04:06
Last Modified: 17 Feb 2023 04:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17531

Actions (login required)

View Item View Item