Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Deli

Widiastuti, Eka Agus (2022) Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Deli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover, Abstrak, Dll-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf

Download (461kB)
[img] Text
BAB II-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (827kB)
[img] Text
BAB III-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)
[img] Text
BAB IV-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (864kB)
[img] Text
BAB V-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf

Download (348kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA dan LampiranSkripsi Eka A. Widiastuti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai pelayanan yang diharapkan dan pelayanan yang dirasakan oleh pasiennya, dan merupakan upaya yang dilakukan suatu instansi kesehatan untuk memenuhi harapan pasiennya. Pada tahun 2019 sampai 2020 Puskesmas Medan Deli mengalami penurunan jumlah pasien sekitar 49,5% dikarenakan pasien yang jarang memasuki puskesmas, rendahnya kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan faktor bukti fisik seperti ruang tunggu yang tidak memadai untuk menampung pasien, dan faktor empati yaitu sikap yang diberikan kepada pasien kurang ramah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional, jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 100 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling, pengambilan data meggunakan alat ukur kuesioner dan dokumentasi, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (Uji Chi-Square) dengan p value = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik dengan nilai p 0,003 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada hubungan yang signifikan antara bukti fisik dengan kualitas pelayanan kesehatan. Dan keandalan dengan nilai p = 0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada hubungan yang signifikan antara keandalan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan dengan menambah fasilitas tempat duduk atau kursi diruang tunggu pasien, dan menambahkan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) agar pasien mendapatkan pelayanan yang tepat waktu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan kesehatan, Bukti Fisik, Keandalan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:59
Last Modified: 16 Feb 2023 07:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17514

Actions (login required)

View Item View Item