Widiastuti, Eka Agus (2022) Faktor yang Berhubungan dengan Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Wilayah Kerja Puskesmas Medan Deli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
Cover, Abstrak, Dll-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Download (461kB) |
|
Text
BAB II-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (827kB) |
|
Text
BAB III-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (613kB) |
|
Text
BAB IV-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Restricted to Repository staff only Download (864kB) |
|
Text
BAB V-Skripsi Eka Agus Widiastuti.pdf Download (348kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA dan LampiranSkripsi Eka A. Widiastuti.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kualitas pelayanan dapat diartikan sebagai pelayanan yang diharapkan dan pelayanan yang dirasakan oleh pasiennya, dan merupakan upaya yang dilakukan suatu instansi kesehatan untuk memenuhi harapan pasiennya. Pada tahun 2019 sampai 2020 Puskesmas Medan Deli mengalami penurunan jumlah pasien sekitar 49,5% dikarenakan pasien yang jarang memasuki puskesmas, rendahnya kualitas pelayanan dapat dilihat berdasarkan faktor bukti fisik seperti ruang tunggu yang tidak memadai untuk menampung pasien, dan faktor empati yaitu sikap yang diberikan kepada pasien kurang ramah. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor apa saja yang berhubungan dengan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian cross sectional, jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu 100 responden dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling, pengambilan data meggunakan alat ukur kuesioner dan dokumentasi, analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (Uji Chi-Square) dengan p value = 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukti fisik dengan nilai p 0,003 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada hubungan yang signifikan antara bukti fisik dengan kualitas pelayanan kesehatan. Dan keandalan dengan nilai p = 0,001 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada hubungan yang signifikan antara keandalan dengan kualitas pelayanan kesehatan. Disarankan kepada pihak Puskesmas untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan yang diberikan dengan menambah fasilitas tempat duduk atau kursi diruang tunggu pasien, dan menambahkan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) agar pasien mendapatkan pelayanan yang tepat waktu.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas pelayanan kesehatan, Bukti Fisik, Keandalan |
Subjects: | 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services |
Divisions: | Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 07:59 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 07:59 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17514 |
Actions (login required)
View Item |