Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Sipiongot

Harahap, Alwiyatul Ajibah (2022) Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Wilayah Kerja Puskesmas Sipiongot. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER ALWIYATUL AJIBAH.pdf

Download (598kB)
[img] Text
BAB 1 ALWIYATUL AJIBAH.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB 2 ALWIYATUL AJIBAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 3 ALWIYATUL AJIBAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB 4 ALWIYATUL AJIBAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB 5 ALWIYATUL AJIBAH.pdf

Download (50kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN ALWIYATUL AJIBAH.pdf

Download (740kB)

Abstract

Tingginya jumlah penduduk di Indonesia membuat laju pertumbuhan penduduk semakin bertambah, dengan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) dapat menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dalam jangka panjang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di wilayah kerja Puskesmas Sipiongot. Penelitian ini merupakan penelitian analitik kuantitatif dengan desain studi potong lintang (cross sectional). Penelitian ini dilakukan di wilayah kerja Puskemas Sipiongot, Kecamatan Dolok, Kabupaten Padang Lawas Utara, Provinsi Sumatera Utara. Waktu penelitian ini yaitu Januari– November 2022. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh pasangan usia subur (PUS) sebanyak 2.783. Sampel pada penelitian ini sebanyak 65 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis univariat dan analisis bivariat, analisisis univariat menggunakan analisis deskriptif sedangkan analisis bivariat dengan menggunakan uji Chi square. Hasil penelitian ini yaitu Ada hubungan antara umur ibu dengan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) (p- value=0,007), ada hubungan antara tingkat pendidikan ibu dengan penggunaan MKJP (p- value=0,016), ada hubungan antara pekerjaan dengan penggunaan MKJP (p-value=0,003), ada hubungan antara jumlah anak dengan penggunaan MKJP (p-value=0,008), ada hubungan antara kunjungan ke fasilitas kesehatan dengan penggunaan MKJP (p-value=0,017), ada hubungan antara sumber informasi kesehatan dengan penggunaan MKJP (p-value=0,001), ada hubungan antara dukungan suami dengan penggunaan MKJP (p-value=0,001), dan ada hubungan antara kunjungan petugas KB dengan penggunaan MKJP (p-value=0,020) di wilayah kerja Puskesmas Sipiongot. Disarankan kepada Dinas Kesehatan Padanglawas Utara dan Puskesmas Sipiongot untuk meningkatkan pemberian penyuluhan kepada ibu dalam upaya peningkatan pengetahuan dan menyebarkan infortmasi serta edukasi agar tetap aktif dalam menggunakan kontrasepsi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan manfaat penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) melalui konseling, penyuluhan serta kunjungan ke rumah masyarakat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi Jangka Panjang, Pasangan Usia Subur.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 16 Feb 2023 07:38
Last Modified: 16 Feb 2023 07:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17511

Actions (login required)

View Item View Item