Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Gangguan Penglihatan Pada Pekerja Bengkel Las di Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan Sumatera Utara

Nasution, Rizki Fadhilah (2022) Faktor Risiko Yang Berhubungan Dengan Gangguan Penglihatan Pada Pekerja Bengkel Las di Kecamatan Medan Sunggal Kota Medan Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (349kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB)

Abstract

Ketika mata sudah lelah untuk menangkap suatu objek biasanya akan mengalami gangguan penglihatan seperti merasa pusing karena penglihatan sudah terganggu dan tidak bisa dipaksakan kembali untuk melihat suatu objek dengan jelas yang jauh maupun dekat. Profesi yang memiliki risiko yang sangat tinggi terhadap gangguan penglihatan adalah pekerja pengelasan. Gangguan penglihatan dapat terjadi pada bengkel las dikarenakan munculnya paparan bunga api yang menciptakan intensitas cahaya yang sangat tinggi. Cahaya yang dipancarkan dapat mengakibatkan gangguan penglihatan berupa kerusakan pada mata yang dirasakan tidak secara spontan melainkan akan muncul setelah beberapa hari kemudian. Gangguan penglihatan ini dapat membuat turunnya produktivitas pekerja pada bengkel las. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor risiko yang berhubungan dengan gangguan penglihatan pada pekerja bengkel las di Kecamatan Medan Sunggal. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian anlitik dengan desain case control. Populasi dalam penelitian ini adalah 147 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanya 45 responden sebagai kasus dan 45 responden sebagai kontrol dengan total 90 responden. Analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama paparan dan penggunaan alat pelindung mata dengan gangguan penglihatan pada pekerja bengkel las di Kecamatan Medan Sunggal. Tidak ada hubungan antara masa kerja, intensitas cahaya, dan riwayat penyakit dengan gangguan penglihatan pada pekerja bengkel las di Kecamatan Medan Sunggal. Analisis multivariate menggunakan uji regresi logistik. Hasil menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap gangguan penglihatan adalah lama paparan dengan nilai exp (B) = 7,659 yang artinya faktor lama paparan lebih berhubungan 7x lebih tinggi dibandingkan dengan penggunaan alat pelindung mata.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gangguan Penglihatan, Bengkel Las, Faktor
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:47
Last Modified: 13 Feb 2023 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17411

Actions (login required)

View Item View Item