Peran Ria'yah dalam Menyiapkan Mental Santri di Pondok Pesantren Mawaridusaalam Deli Serdang

Nasution, M. Zulkhairi Habibi (2022) Peran Ria'yah dalam Menyiapkan Mental Santri di Pondok Pesantren Mawaridusaalam Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
BAB Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (556kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (756kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dengan judul “Peran Ria’yah dalam Menyiapkan Mental Santri di Pondok Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang” ini bertujuan untuk mengetahui peranan yang dilakukan oleh Ria'yah dalam menyiapkan mental santri dan mengetahui faktor penghambatan dan pendukung dalam menyiapkan mental santri di Pondok Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti menggunakan eknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk mengecek keabsahan data melalui triangulasi yang terdiri dari tiga, yakni triangulasi sumber, teknis dan waktu. Adapun hasil penelitian yang telah penulis laksanakan di pondok Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang menunjukkan bahwa: (1) Peran ria’yah dalam menyiapkan mental santri di Pondok Pesantren Mawaridussalam sangat penting demi terwujudnya santri yang kuat akan mental emosional maupun spiritualnya. Ada 3 peran ria’yah dalam menyiapkan mental santri di Pondok Pesantren Mawaridussalam, yaitu sebagai suri tauladan, sebagai motivator, sebagai penasehat dan punishment. Menjadi suri tauladan yang baik untuk para santri, pemberian motivasi pada santri untuk menanamkan rasa semangat, adanya pemberian punishment dan ditambah dengan nasihat akan kesadaran diri santri berpengaruh dalam persiapan maupun pembentukan mental para santri. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meyiapkan mental santri di Pondok Pesantren Mawaridussalam Deli Serdang, yakni 2 faktor pendukung yaitu faktor persahabatan dan faktor penyuluhan, yang mana persahabatan ini dapat membuat mereka saling berbagi cerita sehingga mental mereka tumbuh menjadi kuat dan diadakanya penyuluhan dengan penyampaian materi yang sampai ke Qalbu yang dapat mengontrol psikologis diri. Adapun faktor penghambat yakni faktor Internal dan faktor Eksternal, faktor internal meliputi para Ustazd yang belum bisa membagi waktunya dengan baik dikarenakan memiliki tanggung jawab yang lebih dari satu, dan santri yang mengalami permasalahan dalam pergaulan dan menajdi bosan untuk hidup di pondok. Faktor eksternal meliputi orang tua dan perubahan zaman yang dimana keduanya berkesinambungan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran ria’yah, Menyiapkan mental, santri
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 13 Feb 2023 04:38
Last Modified: 13 Feb 2023 04:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17401

Actions (login required)

View Item View Item