Widya, Permadi (2012) Metodologi Pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Al-Mukhlishin Tanjung Morawa Deli Serdang”. Masters thesis, Pascasarjana UIN-SU.
|
Text
Cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (180kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yaitu suatu penelitian yang dilakukan secara intensif, terperinci, dan mendalam terhadap suatu obyek tertentu dengan mempelajarinya sebagai suatu kasus. Obyek dimaksud dalam penelitian ini adalah sistem pengajaran Bahasa Arab di Pesantren Modern Al-Mukhlishin Tanjung Morawa Deli Serdang yang merupakan konstruksi baru demi pengembangan sistem pengajaran bahasa yang telah berjalan selama ini. Dari obyek tersebut itulah sehingga penelitian ini disebut studi kasus. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu : a. Untuk mengetahui pengajaran Bahasa Arab, yang berlangsung di Pesantren Modern Al-Mukhlishin Tanjung Morawa Deli Serdang. b. Untuk melihat rekonstruksi pengajaran Bahasa Arab dan hubungannya dengan metode pembelajaran cabang-cabang Bahasa Arab yang berlangsung di Pesantren Modern Al-Mukhlishin Tanjung Morawa Deli Serdang. c. Untuk mengetahui faktor dan berbagai sarana pendidikan di Pesantren Modern Al-Mukhlishin Tanjung Morawa Deli Serdang. Untuk mempermudah pemahaman dan pembahasan terhadap permasalahan, peneliti mengklasifikan pembahasannya secara sistematis yang berhubungan satu dengan lainnya. Adapun sistematika pembahasannya adalah sebagai berikut : Bab I, berisikan berbagai masalah yang berkaitan dengan penulisan tesis, latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, perumusan masalah dan tujuan serta manfaat penelitian. Bab II, pengenalan tentang Pesantren Modern Al-Mukhlishin, sejarah pendirian dan lokasinya, sarana dan faktor pendidikan dan pengajaran yang ada di pesantren tersebut. Bab III, terdiri dari gambaran tentang Bahasa Arab dan karakteristiknya, konsep dan cabangnya, serta fungsinya. Bab IV, yang mencakup pelaksanaan kurikulum untuk pengajaran bahasa Arab dan penjelasan rinci dari pengajaran cabang Bahasa Arab, kosa kata, sintaksis dan lainnya. Dan Bab V, berisikan kesimpulan, saran dan referensi serta lampiran- lampiran. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar dan bahasa percakapan sehari-hari di Pesantren Modern Al-Mukhlishin belum tercapai seperti yang direncanakan. Situasi ini dapat menyebabkan penurunan kualitas dari siswa disebabkan beberapa faktor internal dan eksternal. Dalam tesis ini, penulis berupaya mengungkapkan metodologi dan cara terbaik dalam pengajaran Bahasa Arab khususnya bagi kalangan pelajar di pesantren modern Al-Mukhlishin serta faktor-faktor yang melatarbelakangi kemajuan dan kemunduran berbahasa, sehingga diharapkan dengan penelitian yang masih jauh dari kesempurnaan ini, penulis berharap berbagai masukan yang bersifat konstruktif yang nantinya akan ditemukan suatu metode yang ideal dalam pengajaran bahasa Arab khususnya bagi mereka yang tidak menggunakannya dalam percakapan sehari-hari yang pada akhirnya pula pemahaman tentang Alqur’an sebagai tuntunan hidup bagi setiap muslim dapat terealisasikan dalam konteks kehidupan di dunia dan akhirat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 10 Feb 2016 07:34 |
Last Modified: | 10 Feb 2016 07:34 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/174 |
Actions (login required)
View Item |