Pandangan Elite Muslim Terhadap Pemimpin Non Muslim (Studi Kasus Kepala Desa Teluk Dalam KecamatanTeluk Dalam Kabupaten Asahan)

Lubis, Khairun Nizar (2022) Pandangan Elite Muslim Terhadap Pemimpin Non Muslim (Studi Kasus Kepala Desa Teluk Dalam KecamatanTeluk Dalam Kabupaten Asahan). Skripsi thesis, Universitas islam negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
COVER NIZAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (694kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pandangan Elite Muslim terhadap Pemimpin Non Muslim (Studi Kasus Kepala Desa Teluk Dalam Kecamatan Teluk Dalam). Terdapat 3 pertanyaan yang diajukan: (1) Bagaimana Idealitas Kepemimpinan Menurut Elite Muslim Desa Teluk Dalam? (2) Apa Saja Faktor Yang Menyebabkan Pemimpin Non Muslim Sebagai Kepala Desa? (3) Bagaimana Penilaian Elite Muslim Desa Teluk Dalam Terhadap Kepemimpinan Non Muslim? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan fenomenologi, data-data yang diperoleh dari wawancara dan ditambah dengan dokumen seperti buku, jurnal, skripsi serta artikel. Adapun informan adalah Elite- elite Muslim yang berada di Desa Teluk Dalam, terdiri dari Guru Agama, Guru Ngaji, dan ustad. Data dianalisis dengan reduksi, klasifikasi dan interprestasi. Temuan penelitian: (1) Idealita pemimpin bagi elite Muslim desa Teluk Dalam, adalah menginginkan pemimpin yang jujur, Amanah, melaksanakan kewajiban sebagai seorang pemimpin, memberikan dampak yang baik kepada masyarakat, sebab pemimpin harus mengutamakan kepentingan masyarakat dripada kepentingan pribadi. (2) faktor penyebab non-muslim menjadi kepala desa: (a) internal yakni pertama, kurangnya pendidikan agama, kedua ambisi para calon Muslim yang ingin menjadi pemimpin, ketiga kurangnya kesadaran para elite muslim (b) eksternal yakni pemerintah membuat kebijakan-kebijakan dalam Pasal 6 ayat (1) UUD 1945 untuk siapa saja boleh menjadi pemimpin selama menjadi Warga Negara Indonesia. (3) Elite Muslim menilai selama kepemimpinan kepala desa non-muslim, banyak terdapat Pro dan Kontra selama Kepemimpinan Non Muslim sebagai Kepala Desa karena Mayarakat Teluk Dalam mayoritas Muslim dan dipimpin oleh Non Muslim. Simpulan peneliti bahwa Elite Muslim di Desa Teluk Dalam lebih menginginkan pemimpin beriman dan seakidah dengan kita.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemimpin Non Muslim, Elite Muslim, Kepala Desadan Fenomenologi Agama.
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Feb 2023 08:39
Last Modified: 10 Feb 2023 08:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item