Social Climber Di Era Milenial Dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Terhadap Q.S Al-Isra’ Ayat 37 Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab)

Ariana, Ariana (2022) Social Climber Di Era Milenial Dalam Al-Qur’an (Studi Penafsiran Terhadap Q.S Al-Isra’ Ayat 37 Dalam Tafsir Al-Misbah Karya Quraish Shihab). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
cover ARIANA (1)-1.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB 1 ARIANA (1).pdf

Download (978kB)
[img] Text
BAB II ARIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (852kB) | Request a copy
[img] Text
BAB lll ARIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V (2).pdf

Download (436kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (491kB)

Abstract

Banyaknya dampak negatif mengenai penomena sosial kaum milenial lebih sering social climber sosial ini yang memiliki negatif atau yang melanggar dari syariat Islam. Karena di dalam Al-Qur’an di jelaskan tujuannya ini adalah bagaimana solusi terhadap sosial climber ini adalah untuk mengingat Allah, selektif memilih teman, hindari hedonisme, menghindari pertemuan yang tidak bermanfaat agar kita terhindar dari perilaku social climber. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini juga menggunakan metode library research atau studi kepustakaan dengan pendekatan analisis data dan metodologi penafsiran yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah metode tahlili. Dimana pendekatan Tahlili menafsirkan surah Al-Isra’ ayat 37 mengenai Social Climber dalam atau larangan Social Climber dalam ayat tersebut. Penelitian ini menghasikan bagaimana ayat ini melarang Social Climber di dalam media sosial pada zaman milenial ini. Dalam diskusi ini ada Tafsir Quraish Shihab. Di mana menurut menurut Tafsir Quraish Shihab Social Climber itu larangan angkuh, karena keangkuhan merupakan arah yang paling besar dalam perolehan ilmu yang mengantar kepada kebajikan serta penyakit parah yang melahirkan kebodohan sehingga mengantar pelakunya menuju kejahatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Climber, Solusi, Quraish Shihab
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:42
Last Modified: 03 Feb 2023 02:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17294

Actions (login required)

View Item View Item