Pengaruh Modal Kerja, Harga Ikan Dan Hasil Tangkapan Ikan Terhadap Tingkat Pendapatan Nelayan Di Dusun 3 Bagan Kuala Serdang Bedagai

Kurniati, Toiba (2022) Pengaruh Modal Kerja, Harga Ikan Dan Hasil Tangkapan Ikan Terhadap Tingkat Pendapatan Nelayan Di Dusun 3 Bagan Kuala Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DAN ABSTRAK - TOIBA KURNIATI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
BAB I (5).pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB II (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB IV (7).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (4).pdf

Download (378kB)

Abstract

Toiba Kurniati (2022), NIM (0501171053). Judul penelitian ini “Pengaruh Modal Kerja, Harga Ikan Dan Hasil Tangkapan Ikan Terhadap Tingkat Pendapatan Nelayan Di Dusun 3 Bagan Kuala Serdang Bedagai”. Dibawah pembimbing skripsi I Bapak Dr.Sugianto, MA dan pembimbing skripsi II Ibu Tri Inda Fadhila Rahma, M.E.I Tingkat pendapatan nelayan secara signifikan mempengaruhi pola kehidupan nelayan, rendahnya tingkat produktifitas mempengaruhi jumlah penerimaan nelayan sehingga mempengaruhi tingkat pendapatan yang diperoleh. Rendahnya tingkat kesejahteraan nelayan merupakan tantangan dalam mencapai tujuan kemajuan perikanan antara lain meningkatkan kesejahteraan nelayan, petani ikan dan masyarakat pesisir lainnya. Masyarakat nelayan yang kehidupannya bergantung dari pengelolaan potensi sumberdaya perikanan. Namun kenyataan yang terlihat adalah masalah kemiskinan masih mendera sebagian masyarakat pesisir sehingga fakta yang muncul adalah fakta sosial yang terkesasn ironis di tengah kekayaan sumberdaya pesisir lautan yang melimpah ruah. Berdasarkan latar belakang diatas maka perlu dikaji 1) Apakah modal kerja berpengaruh terhadap pendapatan nelayan? 2) Apakah harga ikan berpengaruh terhadap pendapatan nelayan? 3) Apakah hasil tangkapan ikan berpengaruh terhadap pendapatan nelayan? 4) Apakah modal kerja, harga ikan dan hasil tangkapan ikan berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan nelayan? Penelitian ini dilakukan di Dusun 3 Desa Bagan Kuala Serdang Bedagai. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif yang bersifat asosiatif kausal dengan menyebarkan kuesioner (angket) pada 50 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel modal kerja (X1), harga ikan (X2) dan hasil tangkapan ikan (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pendapatan di Dusun 3 Bagan Kuala Serdang Bedagai karena nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (< 0,05). Dalam penelitian ini diperoleh nilai signifikan modal kerja 0,001, harga ikan 0,012 dan hasil tangkapan ikan 0,000 serta pengaruh variabel modal kerja secara parsial terhadap tingkat pendapatan sebesar 36,1%, variabel harga ikan sebesar 26,1% dan variabel hasil tangkapan ikan sebesar 54,9%. Kemudia secara simultan variabel modal kerja (X1), harga ikan (X2) dan hasil tangkapan ikan (X3) berpengaruh signifikan terhadap tingkat pendapatan nelayan di Dusun 3 Bagan Kuala Serdang Bedagai dengan nilai signifikan sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai koefisien derminasi (R2 ) sebesar 0,549 atau 54,9%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 331 Labor economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 02 Feb 2023 04:36
Last Modified: 02 Feb 2023 04:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17272

Actions (login required)

View Item View Item