Evaluasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menetapkan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada Ukm A.Zaki Bakery Medan)

Mulyani, Sri (2022) Evaluasi Perhitungan Harga Pokok Produksi Dalam Menetapkan Harga Jual Melalui Metode Cost Plus Pricing Dengan Pendekatan Full Costing (Studi Kasus Pada Ukm A.Zaki Bakery Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER SRI MULYANI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Sri Mulyani..pdf

Download (704kB)
[img] Text
Bab II Sri Mulyani..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Sri Mulyani..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Sri Mulyani..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Sri Mulyani..pdf

Download (325kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Sri Mulyani..pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perhitungan harga pokok produksi dalam penetapan harga jual menurut UKM A.Zaki BAKERY dan untuk mendiskripsikan perhitungan harga pokok produksi dalam penetapan harga jual melalui metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing serta membandingkan hasil dari kedua perhitungan tersebut. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok produksi perusahaan lebih kecil dibandingkan perhitungan harga pokok produksi menggunakan Full Costing. Harga pokok produksi perusahaan Rp669 per pcs roti sedangkan pada Full Costing Rp678 per pcs, hal ini disebabkan karena dalam perhitungan biaya Overhead pabrik perusahaan tidak memasukkan beberapa biaya ke dalam harga pokok produksinya seperti biaya air dan telepon, biaya depresiasi dan pemeliharaan mesin dan peralatan. Hal ini tentu berpengaruh pada harga jual yang terbentuk. Harga jual yang ditetapkan UKM sebesar Rp750 sedangkan penetapan harga jual melalui metode Cost Plus Pricing dengan pendekatan Full Costing sebesar Rp760. Jadi, penetapan harga jual harus dilakukan secara tepat karena harga jual yang terlalu rendah akan menyebabkan laba yang diharapkan tidak tercapai dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Pokok Produksi, Full Costing, Cost Plus Pricing, Harga Jual
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:36
Last Modified: 02 Feb 2023 02:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item